Jangan Biarkan Iman Kita drop, segera cas

Jangan Biarkan Iman Kita drop, segera cas

Aqidah Ahlussunnah waljamaah dalam hal keimanan, mereka menyakini bahwa iman itu dapat bertambah dan berkurang. Bertambah karena ketaatan dan berkurang karena kemaksiatan. Allah berfirman:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آَيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (QS. al-Anfal: 2)

Karenanya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memerintahkan umatnya untuk senantiasa memperbaharui keimanannya. Karena kalau tidak diperbarui ia akan lusuh seperti lusuhnya pakaian. Jika dibiarkan lusuh maka ia akan rusak dan hancur. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ الإِيْمَانَ لَيَخْلَقُ فِى جَوفِ أَحَدِكمُ كَـمَا يَخْلَقُ الثَّوبُ فَاسْأَلُوا اللهَ أَنْ يُـجَدِّدَ الِإيمَانَ فِى قُلُوبِكُم
Sesungguhnya iman itu bisa memudar pada hati kalian, sebagaimana kain bisa memudar. Karena itu, berdoalah kepada Allah untuk memperbarui iman di hati kalian. (HR. Hakim: 1/4, Ash-Shahihah: 1585)

Oleh sebab itu, jangan biarkan keimanan kita lusuh, jangan biarkan dia seperti baju yang usang atau seperti gadget yang kehabisan baterai. Segera perbaharui, cas dan refresh karena kalau tidak begitu dia akan padam dan rusak. Istiqomah dalam ketaatan, banyak-banyak membaca Al-Qur’an dan jangan lupa berdo’a meminta pembaruan iman kepada Allah, karena itulah diantara cara untuk memperbaharuinya.


Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi
Diterbitkan oleh: Lajnah Dakwah Yayasan Maribaraja

Tidak ada komentar: