Apalah Arti Sebuah Nama?!

Apalah Arti Sebuah Nama?!

Apalah arti sebuah nama, sebuah ungkapan yang sering kita dengar. Seolah-olah ungkapan ini mengatakan bahwa nama itu tidak terlalu penting, tidak berpengaruh. Padahal di dalam agama justru sebaliknya, nama memiliki pengaruh besar bagi pemiliknya. Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:

“Bahkan, nama-nama itu memiliki pengaruh terhadap yang diberi nama. Dan yang diberi nama akan terpengaruh dengan nama-namanya dalam hal kebaikan, kejelekan, ringan, berat, ramah dan lemah lembut serta kekasaran.” (Zadul Ma’ad: 2/336)

Orang-orang Arab dahulu mengatakan:
لِكُلِّ مُسَمَّى مِنْ اِسْمِهِ نَصِيْبٌ
“Setiap orang akan mendapatkan pengaruh dari nama yang diberikan padanya.”
Kalau nama tidak berarti, mengapa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menetapkan adanya nama terbaik yang paling dicintai oleh Allah. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
إِنَّ أَحَبَّ أَسْمَائِكُمْ إِلَى اللَّهِ عَبْدُ اللَّهِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ
“Sesungguhnya nama yang paling dicintai oleh Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman.” (HR. Muslim: 2132)

Nama sangat berarti, karena inilah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengubah beberapa nama sahabatnya menjadi nama yang lebih baik. Sebagaimana yang diceritakan oleh Ibnu Umar:
أَنَّ ابْنَةً لِعُمَرَ كَانَتْ يُقَالُ لَهَا عَاصِيَةُ فَسَمَّاهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمِيلَةَ
“Seorang anak perempuan ‘Umar dahulunya bernama ‘Ashiyah (Durhaka). Maka kemudian diganti oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan nama ‘Jamilah’ (Cantik).” (HR. Muslim: 2139)

Karena ini pulalah banyak para sahabat yang ketika anak-anaknya lahir mereka datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dengan harapan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan nama terbaik bagi anak-anak mereka. Dari Abu Musa radhiyallahu anhu ia berkata:

“Aku pernah memiliki seorang anak yang baru lahir, lalu aku serahkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian beliau memberinya nama Ibrahim dan mentahniknya (mengunyahkan kurma kemudian menyuapkan ke mulut bayi) dengan kurma, setelah itu beliau mendoakannya dengan keberkahan, lalu beliau mengembalikannya kepadaku.” (HR. Bukhari: 6198)
Karena memang sangat berpengaruh kepada yang diberi nama. Selain itu, pengaruh lainnya lagi, dari namalah seseorang dapat mengetahui bagaimanakah orang tuanya. Orang tuanya dapat diketahui dari nama anaknya, apakah orang tuanya itu shalih atau tidak, tahu agama atau tidak. Sebagaimana orang Arab pun mengatakan:
مِنَ اسْمِكَ أَعْرِفُ أَبَاكَ
“Dari namamu, aku bisa mengetahui bagaimanakah ayahmu.”
Jika ada nama anak Abdullah maka bisa dipastikan orang tuanya adalah muslim dan tahu agama. Namun kalau nama anaknya adalah nama pemain musik, para artis, nama orang-orang kafir, pelaku maksiat, maka bisa ditebak pula bahwa orang tuanya pengagum mereka, dst.

Oleh sebab itu, pilihlah nama-nama yang baik terutama untuk anak-anak kita. Karena memang nama itu sangat berarti dan menduduki peranan yang penting dalam kehidupan. Jangan katakan seperti yang dikatakan oleh orang-orang, apalah arti sebuah nama, karena ungkapan tersebut bertentangan dengan anjuran agama kita.

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi
artikel maribaraja.com
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: