Doa Untuk Orang yang Memberi Makanan atau Minuman

Doa Untuk Orang yang Memberi Makanan atau Minuman

Jika ada orang yang memberi kita makan atau minum maka balaslah. Ini adalah salah satu adab dan akhlak mulia yang diajarkan agama, semua kebaikan apapun bentuknya sebisa mungkin dibalas, minimalnya dengan do’a. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ
“Barang siapa yang berbuat kebaikan kepada kalian maka balaslah, apabila kalian tidak mendapat sesuatu untuk membalasnya maka do’akanlah dia hingga kalian melihat bahwa kalian telah membalasnya.” (HR. Abu Dawud: 1672)

Maka jika ada orang yang berbuat baik dengan memberi makan atau minum hendaknya kita balas atau minimalnya kita do’akan. Do’a untuk orang yang memberi makan atau minuman, yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yaitu:

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي وَأَسْقِ مَنْ أَسْقَانِي
“Ya Allah, berilah makan orang yang telah memberiku makan dan berilah minum orang yang telah memberiku minum.” (HR. Muslim: 2055)

Oleh sebab itu, mari kita hafalkan do’a ini, dan mari kita do’akan setiap orang yang memberi makan atau minum kepada kita agar kita bisa menjadi hamba-hamba yang pandai bersyukur dan berterimakasih.

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi
artikel maribaraja.com
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: