Keutamaan menahan Amarah dan Solusinya

jika kita marah maka diamlah
Marah yang tidak terkendali adalah awal dari kecelakaan. Tatkala kita tak mampu menahannya dan kita biarkan setan leluasa mengompor-ngompori hati kita yang tengah labil untuk berbuat apa yang dia inginkan, maka tunggulah penyelasan di ujung jalan. Dahulu, seorang bijak pernah mengatakan:

الْغَضَبُ أَوَّلُهُ جُنُونٌ وَآخِرُه نَدَمٌ
“Kemarahan itu awalnya adalah kegilaan sedangkan akhirnya adalah penyesalan.” (An-Nahju al-Masluk fi Siyasati al-Muluk : 123)

Tidak mudah memang untuk mengendalikan kemarahan itu. Maka karena tidak mudah itulah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjanjikan surga bagi mereka yang mampu. Beliau shallallahu alaihi wasallam bersabda:

لا تَغْضَبْ وَ لَكَ الجَنَّة
“Jangan engkau marah maka bagimu surga.” (HR. Ath-Thabrani, Shahih al-Jami’: 7374)

Syari’at telah memberikan tuntunan dalam hal ini, agar ketika seorang itu marah ia dapat mengendalikannya. Salah satunya adalah jangan banyak bicara, tutup mulut dan diam seribu bahasa. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ
“Kalau salah seorang di antara kalian marah, maka diamlah.” (HR. Ahmad: 1/329, Shahih Al-Jami’: 693)

Karena ucapan yang didasari dengan kemarahan hanya akan menambah runyam. Bola api yang tadi ada di dalam hati akan menggelinding kemana-mana dan membakar segala yang ia lewati. Pihak-pihak yang tidak tahu apa-apa pun akan terkena imbasnya, kalau pun tidak sampai terbakar minimalnya mereka terkena percikan apinya.

Oleh sebab itu, jika kita marah maka diamlah, tutup mulut rapat-rapat. Jangan biarkan kemarahan itu keluar dan membesar sehingga akhirnya pun akan menimbulkan penyesalan panjang.
Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi
artikel maribaraja.com
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: