-->

Kisah awal Mula sibawaih menjadi pakar nahwu terkenal

Kisah awal Mula sibawaih menjadi pakar nahwu terkenal

Guru nahwu mengisahkan, bahwa suatu ketika Sibawaih bersama jama’ah lainnya sedang menulis suatu hadits nabi, sementara gurunya, hamad, sedang mendiktekan hadis mengenai kisah Shafa:

صعد رسول الله الصفا 
Rasulullah turun ditanah shafa.

Sibawaih langsung menyanggahnya dan berkata: " الصفاء (Ash Shofaa'a) ". - Ada hamzah di belakangnya -

Maka gurunya berkata, "Wahai orang Persia, jangan katakan "ash-shafaa’a", karena kalimah ash-shafaa’a adalah isim maqshur.”

Ketika pengajian selesai, Sibawaih langsung memecahkan/mematahkan penanya, sembari berkata, "aku tidak akan menulis suatu ilmu pengetahuan sampai aku dapat mematangkan dahulu dalam bidang bahasa arab...!!!"

mungkin, hikmah dibalik kejadian itulah yang membuat Sibawaih sangat serius mempelajari nahwu, dan akhirnya menjadi pakar nahwu terkenal. Bahkan sibawaih di anggap raja nahwu pada zaman nya

Guru Sibawaih dalam bidang nahwu adalah Imam Khalil bin Ahmad al Farahidi. Dia guru besar Sibawaih, sementara Khalil sendiri adalah murid dari Abu 'Amr bin al 'Ala, seorang Ahli Qiro'ah Sab'ah.
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: