Beberapa Amalan ganjarannya dibangunkan rumah di syurga

dibangunkan rumah di syurga

1. Menutup celah dishaf-shaf shalat.

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

من سد فرجة بنى الله له بيتا في الجنة ورفعه بها درجة.
"Barangsiapa yang menutup celah maka Allah akan bangunkan baginya rumah disurga dan akan mengangkat derajatnya." HR. Ibnu Majah (3/313) dan dishahihkan oleh Asy Syeikh Al Albani dalam Ash Shahihah (4/514).

2. Mengunjungi orang sakit dan menjenguk saudara seiman.

Dari Abu Hurairah radhiyallohu 'anhu berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

ﻣَﻦْ ﻋَﺎﺩَ ﻣَﺮِﻳﻀًﺎ ﺃَﻭْ ﺯَﺍﺭَ ﺃَﺧًﺎ ﻟَﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻧَﺎﺩَﺍﻩُ ﻣُﻨَﺎﺩٍ : ﺃَﻥْ ﻃِﺒْﺖَ ﻭَﻃَﺎﺏَ ﻣَﻤْﺸَﺎﻙَ ﻭَﺗَﺒَﻮَّﺃْﺕَ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﻣَﻨْﺰِﻻ
"Barangsiapa yang mengunjungi orang sakit atau menjenguk saudaranya karena Allah, maka akan ada yang menyeru (dari langit); sungguh engkau telah berbuat baik dan sungguh langkah engkau telah baik, dan engkau telah mempersiapkan tempat tinggal engkau disurga. " HR. At Tirmidzi (2008) dan dinyatakan shahih oleh Syaikh Al Albani di dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib (2578).

3. Menunaikan shalat sunnah rawatib.

Dari Ummu Habibah radhiyallahu anha berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam:

ما من عبد مسلم توضأ فأسبغ الوضوء ثم صلى لله في كل يوم ثنتي عشرة ركعة تطوعا غير فريضة إلا بنى الله له بيتا في الجنة.
"Tidaklah seorang hamba Muslim berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, lalu menegakkan shalat pada setiap harinya sebanyak dua belas rakaat sunnah bukan yang wajib, kecuali Allah akan bangunkan baginya sebuah rumah disurga." HR. Muslim.

4. Membangun masjid

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

من بنى لله مسجدا بنى الله له بيتا في الجنة.
"Barangsiapa yang membangunkan bagi Allah sebuah masjid, maka Allah akan bangunkan baginya sebuah rumah disurga." Muttafaqun 'alaih.

5. Membaca surah Al Ikhlas sebanyak sepuluh kali.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

من قرأ { قل هو الله أحد } عشر مرات ؛ بنى الله له بيتا في الجنة.
"Barangsiapa yang membaca {Qul Huwallohu Ahad} sebanyak sepuluh kali, maka Allah akan bangunkan baginya sebuah rumah disurga. " HR. Ahmad (3/437).

6. Membaca doa ketika masuk pasar.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

من دخل السوق فقال : {لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو حي لا يموت بيده الخير وهو على كل شيء قدير} كتب الله له ألف ألف حسنة ، ومحا عنه ألف ألف سيئة ، ورفع له ألف ألف درجة ، وبنى له بيتا في الجنة.
"Barangsiapa yang masuk kepasar, lalu mengucapkan; {Laa Ilaaha Illallohu Wahdahu Laa Syariikalahu Lahul Mulku Walahul Hamdu Yuhyi Wa Yumitu Wahuwa Hayyun Laa Yamutu Biyadihil Khoir Wahuwa 'Ala Kulli Syai'in Qadiir}, maka Allah akan tuliskan baginya sejuta kebaikan, dan akan angkat derajatnya sejuta derajat, serta akan dibangunkan baginya rumah disurga." HR. At Tirmidzi (3428)

7. Meninggalkan debat walaupun di pihak yang benar
8. Meninggalkan dusta walaupun bercanda
9. Berakhlak yang baik


✔ ️Dari Abu Umamah radhiyallahu 'anhu berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

أنا زعيم ببيت في ربض الجنة لمن ترك المراء وإن كان محقا ، وببيت في وسط الجنة لمن ترك الكذب وإن كان مازحا ، وببيت في أعلى الجنة لمن حسن خلقه.
"Aku menjamin sebuah rumah disurga bagian bawah bagi seorang yang meninggalkan perdebatan walaupun dipihak yang benar, dan rumah di bagian tengah surga bagi seorang yang meninggalkan dusta walaupun bercanda, dan rumah di bagian atas surga bagi seorang yang baik akhlaknya." HR. Abu Daud (4800) dan dihasankan oleh Asy Syeikh Al Albani dalam Shahihul Jami' (1464)

10. Memuji dan ber istirja' ketika meninggalnya anak.

Dari Abu Musa Al As'ary radhiyallohu 'anhu berkata: Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

إذا مات ولد الرجل يقول الله تعالى للملائكة: أقبضتم ولد عبدي ؟ فيقولون : نعم .
فيقول : أقبضتم ثمرة فؤاده ؟ فيقولون : نعم . فيقول : فماذا قال عبدي ؟ قال : حمدك واسترجع. فيقول : ابنوا
لعبديبيتا في الجنة وسمّوه بيت الحمد.
"Jika seorang anak hamba meninggal maka Allah akan berfirman kepada para malaikat-Nya: "Apakah engkau mencabut anak hamba-Ku?", maka mereka menjawab; "iya" lalu Allah berfirman: "Apakah engkau mencabut buah hatinya?", mereka menjawab; " iya", Allah berfirman: "Lalu apakah yang diucapkan hamba-Ku tersebut?", mereka menjawab; " ia memuji Engkau dan ber istirja' (mengucapkan Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un) ", Lalu Allah berfirman: " Bangunkanlah bagi hamba-Ku tersebut sebuah rumah disurga dan berilah nama dengan Baitu Hamd (rumah pujian)". HR. Ahmad

11. Melakukan shalat Dhuha empat rakaat dan shalat sunnah empat rakaat sebelum Dzuhur.

Dari Abu Musa Al 'Asy'ari radhiyallahu 'anhu; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

من صلى الضحى أربعاً وقبل الأولى أربعاً بُني له بيتٌ في الجنة.
"Barangsiapa yang shalat Dhuha empat rakaat dan sebelum ula (shalat Dzuhur) empat rakaat maka dibangunkan baginya rumah disurga." HR. Ath Thabrani dalam Al Ausath (4753).

Ustadz Fauzan Abu Muawiyah Al Kutawy hafizhahullah.
Sumber @amalislami

Tidak ada komentar: