Luasnya Ampunan Allah, segeralah bertaubat

Luasnya Ampunan Allah, segeralah bertaubat

Dari Anas rodhiyallahu 'anhu, "Aku mendengar Rosulullah ﷺ bersabda, "Allah ﷻ berfirman:

يا ابن آدم إنك ما دعوتني ورجوتني غفرت لك على ما كان منك ولا أبالي، يا ابن آدم لو بلغت ذنوبك عنان السماء ثم استغفرتني غفرت لك ، يا ابن آدم إنك لو أتيتني بقراب الأرض خطايا ثم لقيتني لا تشرك بي شيئًا لأتيتك بقرابها مغفرة
"Wahai anak Adam, sesungguhnya selama kamu memohon dan berharap kepada-Ku niscaya Aku mengampunimu berapapun (banyaknya dosa-dosa) yang ada pada dirimu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, sekiranya dosa-dosamu mencapai awan di langit kemudian kamu meminta ampunan kepada-Ku niscaya Aku akan mengampunimu. Wahai anak Adam, andaikata kamu datang kepada-Ku dengan membawa dosa-dosa hampir sepenuh bumi, kemudian kamu berjumpa dengan-Ku dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikitpun, niscaya Aku akan memberikan ampunan kepadamu dengan sepenuh bumi itu pula." (HR. At-Tirmidzi 3540 dihasankan Syaikh Al-Albani "Shohihul Jami'" 4338)

Syaikh Al-'Allamah Al-Utsaimin menjelaskan, "Hadits ini menunjukkan betapa luasnya rahmat dan karunia Allah ﷻ. Dosa-dosa meskipun besar selama manusia memohon ampunan kepada Allah ﷻ maka Allah ﷻ akan mengampuninya. Hadits ini juga menunjukkan keutamaan tauhid dengan mengikhlaskan niat dalam beribadah bahwa ia adalah sebab pengampunan dosa*. Kami memohon kepada Allah ﷻ agar meliputi kita semua dengan ampunan dan keridhoan-Nya serta mencurahkan kepada kita rahmat-Nya. Sesungguhnya Dia Dzat yang Maha Pemberi." (Syarh Al-Arba'in An-Nawawiyyah hal. 270)

Ustadz Fikri Abul Hasan حفظه الله تعالى
Telegram : http://t.me/majelisilmusunnah123

Tidak ada komentar: