-->

4 manfaat bawang merah, diantaranya melawan penyakit infeksi in sya allah

4 manfaat bawang merah, diantaranya melawan penyakit infeksi

Bawang merah selain sebagai bumbu dapur, juga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan dan sifat obat. Bawang merah kaya akan berbagai vitamin dan mineral.

Menambahkan beberapa bumbu halus atau pasta bawang merah ke dalam masakan bisa memberi banyak manfaat. Sebagai bumbu, bawang merah memberikan rasa sedikit pedas. Bawang merah bisa meningkatkan kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol, gula darah, tekanan darah, dan risiko kanker.

Bawang merah dan bawang putih adalah keluarga allium. Allium telah lama digunakan untuk khasiat obat dan kuliner selama lebih dari 4 ribu tahun, menurut sebuah penelitian pada Maret 2015 di Cancer Prevention Research. Teks kuno dari Roma, Tiongkok, Mesir, India, dan Yunani mengungkapkan penggunaan obat dari bawang merah seperti disebut dalam laman Live Strong.

Menurut Cancer Prevention Research, beberapa khasiat makan sayuran keluarga allium bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, khususnya kanker saluran cerna. Menurut Oregon State University, sayuran allium adalah sumber terkaya senyawa organosulfur dalam makanan. Penelitian pada Agustus 2019 dalam Ilmu Makanan dan Gizi menguatkan temuan ini pada sayuran allium dan khasiatnya sebagai obat kanker.

Berdasar ulasan, allium bermanfaat untuk pencegahan kanker, terutama untuk kanker lambung. Konsumsi bawang merah selama lebih dari delapan minggu secara signifikan biaa menurunkan kolesterol pada pasien sehat dan pasien dengan kolesterol tinggi. Begitu juga khasiat yang sama ditemukan pada bawang putih. Dalam laman Pink Villa, Senin (16/3), disebutkan sejumlah manfaat rutin konsumsi bawang merah di antaranya:

1. Melawan Penyakit Infeksi
Bawang merah memiliki sifat meningkatkan imunitas dan dapat membantu sistem kekebalan tubuh kita melawan penyakit, bakteri, infeksi, dan virus. Bawang merah mengandung selenium yang berperan besar dalam meningkatkan tingkat kekebalan.

2. Stabilkan Gula Darah
Bawang merah dapat bekerja sangat baik untuk orang yang memiliki masalah gula darah. Bawang merah mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi kadar glukosa dalam tubuh dan membantu dalam mengelola diabetes.

3. Kaya Serat dan Prebiotik
Bawang merah kaya serat dan prebiotik yang penting bagi kesehatan usus kita. Sehingga meningkatkan keseimbangan bakteri usus dan meningkatkan sistem pencernaan kita.

4. Turunkan Kolesterol
Bawang merah kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi yang berarti dapat mengurangi peradangan. Diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol yang memainkan peran besar dalam kesehatan jantung. Bawang merah juga membantu dalam mengelola tekanan darah. jawapos.com
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: