-->

cuci tangan plus sabun lebih efektif mencegah infeksi virus corona daripada hand sanitizer

cuci tangan plus sabun lebih efektif mencegah infeksi virus corona

pada saat merebaknya infeksi virus corona atau COVID-19 seperti saat ini. Salah satu hal yang banyak dicari adalah masker dan hand sanitizer. Keduanya dipercaya bisa membantu memperlambat penularan dari virus corona ini.

Walau begitu, secara medis ternyata kedua hal ini tak benar-benar terbukti. Hand sanitizer diketahui tidak terlalu efektif dalam menangkan serangan virus ini juka dibandingkan dengan cuci tangan.

“Sanitizer alkohol hanya bertahan selama satu atau dua menit dan harus digunakan kembali saat muncul rekontaminasi,” terang Philip Tierno Jr, P.hD, dari NYU Langone Medical Center dilansir dari The Healthy.

Singkatnya dampak dari hand sanitizer ini tentu perlu menjadi perhatian bagi kita semua. Terutama karena maraknya penggunaan sanitizer ini dan dipercaya sebagai ramuan mujarab untuk terhindar dari serangan virus.

Solusi terbaik untuk terhindar dari masalah ini adalah tetap dengan melakukan cuci tangan. Walau begitu, hand sanitizer juga bisa menjadi pilihan dalam kondisi-kondisi tertentu.

“Hand sanitizer lebih baik digunakan dari pada tidak menggunakan apa pun ketika kamu hendak berjabat tangan dengan seseorang di jalan dalam kondisi tidak ada wastafel maupun kertas tisu, walau begitu cara terbaik untuk terhindar dari kuman adalah dengan menggunakan air dan sabun,” jelas Dr. Len Horovitsz dari Lenox Hill Hospital.

Walau begitu, penggunaan hand sanitizer ini tetap memiliki fungsi tersendiri. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan bahwa pekerja kantoran yang menggunakan sanitizer berbahan alkohol setidaknya lima kali sehari, dua per tiga lebih aman dari penyakit dibanding mereka yang mencuci tangan seperti biasa.

Pada tahun 2016 lalu, telah muncul kekhawatiran mengenai perlunya penelitian terkait efektivitas dan kemananan penggunaan hand sanitizer. Mereka bertekad melihat apakah sanitizer ini bisa berdampak buruk pada wanita hamil dan anak-anak.

Penggunaan hand sanitizer memang tak seefektif cuci tangan, walau begitu hal ini masih tetap baik untuk digunakan. Namun, jika memang memiliki waktu dan akses yang cukup, sebaiknya tetap mencuci tangan dengan sabun dan air bersih selama 20 detik. (mrdk/mg)
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: