4 Nasehat Penting Kibar Ulama Arab Saudi hadapi Pandemi Corona di Bulan Ramadan

Pandemi Corona di Bulan Ramadan

Sekretariat Jenderal Kibar Ulama Kerajaan Arab Saudi meminta kaum muslimin untuk mempersiapkan bulan Ramadhan al-Mubarak, sambil tetap melakukan tindakan pencegahan infeksi corona ketika beribadah.

Dalam pernyataan yang dirilis hari Ahad (19/4) ini, Haiyah Kibar Ulama memberikan nasehat kepada umat Islam bagaimana menyikapi bulan suci Ramadan.

Pertama, kaum muslimin harus menjadi contoh, suri tauladan dalam melakukan ibadah yang tetap mematuhi prosedur yang diatur oleh pihak yang berwenang, terkait dengan pandemi corona saat ini.

Kedua, Haiyah menegaskan bahwa syariat Islam mengatur ibadah dengan berbagai cara yang tidak menjerumuskan umatnya dalam bahaya bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Sebagaimana juga, syariat menekankan untuk menjaga jiwa dan melakukan kepentingan yang prioritas dan mendesak, terutama di saat pandemi.

Ketiga, merekomendasikan untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan untuk menjaga kesehatan masyarakat agar membatasi penyebaran virus corona.

Di antaranya, melaksanakan shalat wajib dan tarawih di rumah, jika pemerintah yang berkuasa di tempatnya menetapkan hal tersebut.

Dan keempat, menghindari perkumpulan, karena interaksi kerumunan massa merupakan penyebab utama penyebaran infeksi. Termasuk juga buka puasa dah sahur bersama.

Untuk itu kepada para dermawan yang mengeluarkan sedekah dan zakat, agar memperhatikan cara bersedekah yang tidak melanggar langkah pencegahan tersebarnya virus. aboefakhri

source saudinesia.com

Tidak ada komentar: