Apakah Onani membatalkan Puasa ?

ustadz yazid tentang onani membatalkan puasa

Para anus (aliran nusantara) @gusmiftah para ahlul bidah yg selalu memotong motong video, sebaiknya jangan langsung percaya dengan video potongan seperti itu. Di video lengkapnya, Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas sedang menjelaskan 7 perkara di antara pembatal puasa. Di poin ke-7 beliau menyebutkan istimna'/onani sebagai pembatal puasa. 
Beliau memang menyebutkan juga pendapat ulama yg berpendapat bahwa itu tdk membatalkan puasa, namun jumhur ulama mengatakan bahwa onani membatalkan puasa. Dan pendapat jumhur ini juga yg dipegang oleh Ustadz Yazid, sehingga beliau memasukkannya ke dalam 7 hal yg membatalkan puasa. Simak video lengkapnya tentang ini di IG , untuk kajian fullnya bisa juga disimak di youtube @rodjatv.

Apakah Onani membatalkan Puasa?
حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، عَنْ حَبِيبٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ هَرِمٍ، قَالَ: سُئِلَ جَابِرُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ رَجُلٍ نَظَرَ إلَى امْرَأَتِهِ فِي رَمَضَانَ فَأَمْنَى مِنْ شَهْوَتِهَا هَلْ يُفْطِرُ؟ قَالَ: لَا وَيُتِمُّ صَوْمَهُ
Telah menceritakan kepada kami Yaziid bin Haaruun, dari Habiib, dari 'Amru bin Harim, ia berkata : Jaabir bin Zaid pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang memandang istrinya di bulan Ramadhaan, lalu ia keluar mani akibat syahwatnya tersebut, apakah batal puasanya ?".Ia berkata : "Tidak, hendaknya ia sempurnakan puasanya" [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, dengan sanad hasan, Syaikh Al-Albani berkata dalam silsilah as-shahihah Isnadnya jayyid]

Dan inilah pendapatnya syaikh al albani dalam kitabnya tamamul minnah dalam mengomentari kitab fiqh sunnah, syaikh Al Albani berkata dalam kitabnya:

قوله: "الاستمناء إخراج المني سواء أكان سببه تقبيل الرجل لزوجته أو ضمها إليه أو كان باليد فهذا يبطل الصوم ويوجب القضاء". قلت: لا دليل على الإبطال بذلك وإلحاقه بالجماع غير ظاهر ولذلك قال الصنعاني "الأظهر أنه لا قضاء ولا كفارة إلا على من جامع وإلحاق غير المجامع به بعيد". وإليه مال الشوكاني وهو مذهب ابن حزم فانظر "المحلى" 6 / 175 - 177 و205 "
Perkataannya --syaikh sayyid sabiq- : adalah onani (mengeluarkan mani) sama saja baik sebabnya dikarenakan seorang lelaki mencium istrinya atau memuluknya ataupun dengan tangan, maka ini membatalkan puasa dan wajib baginya untuk mengqadha puasa".

source Ibnu Adi Nugroho

Tidak ada komentar: