-->

foto mekanisme pengurusan mayat positif covid-19 di mekkah arab saudi

pengurusan jenazah covid-19 di arab saudi

Direktur Jenderal Pemandian Jenazah “al-Muhajirin” di Makkah, Mamdouh Umar Al-Farhan, mengungkapkan mekanisme pengurusan mayat yang meninggal karena virus corona. Ada proses pemandian khusus, yang berbeda dengan biasanya, guna mencegah tersebarnya virus.

Sebagaimana yang dikutip Sabq, Al-Farhan menjelaskan bagaimana cara menangani jenazah yang positiv covid-19.

Semua prosedur pemandian jenazah di Masjid Jami’ al-Muhajirin, mengikuti prosedur yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Arab Saudi dan Sekretariat Pemerintah Ibukota Makkah.

Petugas pemandian jenazah, selain menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), juga merupakan tenaga yang terlatih yang telah direkomendasikan oleh Kemenkes.

Petugas merupakan tenaga ahli terlatih yang menangani mayat, meninggal karena wabah atau penyakit menular.

Mamdouh mengatakan, semua peralatan dan lingkungan sekitar pemandian selalu disterilkan sebelum dan sesudah pemandian jenazah.

Secara administrasi, surat keterangan pemakaman dikeluarkan rumah sakit dengan perincian detail, sebab meninggalnya mayat, apakah positiv covid-19 atau sebab lain.

Berdasar informasi awal ini, seluruh proses standar dilakukan, sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus.

Jika penyebab kematian karena infeksi corona, setelah dimandikan, mayat harus dibungkus rapat, ketat dan steril oleh rumah sakit. Setelah itu, disholati dan dikuburkan di pemakaman umum.

Bagi pelayat yang ingin menyolati jenazah, diingatkan agar tetap melakukan pembatasan jarak. Untuk itu pihaknya, banyak memasang papan pengumuman dan infromasi sebagai pengingat.

Salah satu tindakan preventif dalam proses pemakaman adalah penambahan tenaga yang khusus mensterilkan tempat pemandian dan keranda mayat.

Hanya orang tertentu dan sangat terbatas diizinkan untuk masuk ke dalam area pemandian mayat.

Pada bagian wanita, Mamdouh memastikan bahwa tidak ada seorang pun dari pelayat yang diizinkan masuk.

Pelayanan lainnya, tempat pemandian “al-Muhajirin” Makkah menyediakan layanan pengiriman jenazah kepada keluarganya di rumah, bagi yang meninggal bukan sebab covid-19. sabq, jll

source saudinesia.com
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: