Mengherankan, Betapa Susah Menjaga Lisan !

Mengherankan, Betapa Susah Menjaga Lisan !

Di dalam hadis yang diriwayatkan at-Tirmidzi, Mu’adz mengatakan, “Aku pernah mengatakan kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- ‘ Ya Rasulullah !, apakah kita akan dihukum disebabkan karena apa yang kita katakan ? beliau pun menjawab : "... ya Muadz, bukankah manusia itu akan disungkurkan wajahnya-atau hidungnya di Nereka melainkan karena ucapan lisannya (yang tidak ada nilai baiknya)…” ?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah -semoga Allah merahmatinya- berkata :
مِنَ الْعَجَبِ أَنَّ الْإِنْسَانَ يَهُوْنُ عَلَيْهِ اَلتَّحَفُّظُ وَالْاِحْتِرَازُ مِنْ أَكْلِ الْحَرَامِ، وَالظُّلْمِ وَالزِّنَى وَالسَّرِقَةِ، وَشُرْبِ الْخَمْرِ، وَمِنَ النَّظَرِ الْمُحَرَّمِ، وَغَيْرِ ذَلِكَ، وَيَصْعُبُ عَلَيْهِ اَلتَّحَفُّظُ مِنْ حَرَكَةِ لِسَانِهِ، وَكَمْ نَرَى مِنْ رَجُلٍ مُتَوَرِّعٍ عَنِ الْفَوَاحِشِ وَالظُّلْمِ، وَلِسَانِهِ يَفْرِي فِي أَعْرَاضِ الْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ وَلَا يُبَالِي مَا يَقُوْلُ.
Termsuk hal yang mengherankan, bahwa seorang insan sedemikian mudah untuk menjaga diri dan menghindarkan diri dari mengonsumsi sesuatu yang haram, melakukan tindak kezhaliman, berzina, mencuri, minum khamer, dan dari melihat sesuatu yang haram (dipandangnya) dan hal lainnya, sedangkan dirinya sedemikian sulit untuk menjaga diri dari gerakan lisannya. Dan, betapa banyak dan sering kita melihat dari seorang yang menjaga diri dari perbuatan keji dan kezhaliman, sementara lisannya sedemikian mudah memperbincangkan kehormatan (aib) orang-orang yang masih hidup dan orang-orang yang telah meninggal dunia dan ia tidak mempedulikan apa yang dikatakannya.

(Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman al-Qasim, “asy-Syarh al-Muyassar Li-Kitabi at-Tauhid”, 1/323)

--------------------
alsofwa.com | W.A Dakwah Al-Sofwa +62 81 3336333 82
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: