-->

40 perusahaan Arab di Timur Tengah masuk dalam daftar terkuat di forbes

forbes dunia

Majalah Forbes merilis daftar tahunan “Global 2000” yang mencatat 2000 perusahaan terkuat di seluruh dunia. Daftar ini disusun berdasarkan nilai aset, nilai pasar, laba bersih, dan pendapatan dengan bobot proporsional yang sama.

40 perusahaan Arab di Timur Tengah masuk dalam daftar tersebut, di antaranya Saudi Aramco yang menduduki peringkat teratas dari seluruh perusahaan Arab atau peringkat kelima dunia.

Aramco tercatat sebagai perusahaan bernilai $ 1,684 triliun, diikuti oleh Apple dengan $ 1,2885 triliun. Perbedaan nilai pasar antara kedua perusahaan tersebut, yaitu sebesar 400 miliar dolar, dua kali lipat nilai ExxonMobil, yang merupakan perusahaan minyak terbesar kedua dunia.

Aramco juga yang mencatatkan peringkat pertama dalam nilai laba, sebesar $ 88,2 miliar, diikuti oleh Warren Buffett (Berkshire Hathaway) di tempat kedua yang mencapai laba bersih $ 81 miliar. Dan yang istimewa, Aramco merupakan perusahaan paling top dalam daftar di luar persuahaan yang bergerak di jasa keuangan.

Untuk kawasan Timur Tengah, Arab Saudi berada di posisi puncak dari negara-negara Arab lainnya, dengan mencatatkan 14 perusahaan terkuat dari total 40 perusahaan di wilayah tersebut.

Di antara perusahaan Arab Saudi yang paling menonjol dalam daftar Forbes adalah “SABIC”, berada di urutan ketiga di Timur Tengah dan peringkat 212 secara global, dengan nilai pasar $ 59,8 miliar.

Saudi Telecom Company menduduki peringkat kelima di wilayah ini dan 335 di seluruh dunia, menjadikannya perusahaan telekomunikasi terkuat di Timur Tengah.

UEA berada di peringkat kedua di daftar perusahaan paling top di Arab. Dengan mencatatkan 9 perusahaan, Bank Abu Dhabi menduduki peringkat pertama dari perusahaan UEA.

Menduduki rangking keempat di Timur Tengah dan 303 secara global, dengan nilai aset $ 227,4 miliar dan nilai pasar $ 34,4 miliar.

Kemudian diikuti oleh perusahaan dari negara yang sama, Emirates NBD, yang merupakan bank terbesar di Dubai, di peringkat 351 secara global dan keenam dari perusahaan Arab.

6 perusahaan Qatar juga tercatat yang paling kuat. Di antaranya Qatar National Bank, bank terbesar di negara Arab. Kemudian Ooredoo, perusahaan telekomunikasi terbesar di Qatar dan beberapa bank lainnya.

3 perusahaan dari Kuwait masuk dalam daftar Forbes, rangking tertinggi diraih National Bank of Kuwait Group dengan aset $ 96,5 miliar.

Dari Maroko, Bank Attijari Wafa dan Bank Sentral Rakyat masuk dalam daftar Forbes. Selain itu, ada dua bank dari Lebanon, meskipun kondisi keuangan sulit yang dilalui negara itu, yaitu Bank Audah dan Bank Lebanon wal Mahjar.

Setelah itu masing-masing bank dari Mesir, Bahrain, Oman dan Yordania masuk dalam daftar tersebut, yaitu Bank Tijariy Duwali, Bank Al-Ahli al-Muttahid, Bank Muscat dan Bank Arab. (Forbes Timteng)

forbes arab saudi

source saudinesia.com
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: