-->

Belajar di kampus Northern Border University di Ujung Utara arab saudi Dekat Irak

al Hudud asy Syamaliyah

Wilayah paling utara Arab Saudi adalah kota Arar. Dalam bahasa Arab ditulis عرعر. Nama propinsinya adalah al Hudud asy Syamaliyah (الحدود الشمالية).

Kota ini tergolong cukup hijau. Gurun dan tanah bebatuan tak terlalu dominan. Kanan dan kiri jalan dihiasi dengan rumput dan tumbuhan kecil.

Arar dikenal sebagai tempat peternakan domba dan onta, karena lokasi dan situasinya cocok untuk usaha ini.

Kota ini tidak seramai Riyadh dan Jeddah. Maklum lah, tempatnya dipinggiran, bahkan diujung. Dekat dengan wilayah konflik.

Arar berbatasan langsung dengan Irak. Karenanya, pihak keamanan sangat ketat di jalan menuju ke negeri seribu satu malam itu.

Di tempat ini telah berdiri kampus. Namanya diambil dari nama propinsinya: Jami'ah al Hudud Asy Syamaliyah (جامعة الحدود الشمالية). Biasa juga ditulis dalam terjemahan bahasa Inggris dengan Northern Border University. Bahasa kitanya Universitas Perbatasan Utara.

Ada 15 fakultas disini. Mulai sains, sastra, hingga kedokteran. Jenjang pendidikan S1 dan S2. Untuk S3 masih belum dibuka.

Realisasi dari visi 2030, sejak tahu lalu perguruan tinggi ini sudah mulai menerima mahasiswa non Saudi. Ada 4 mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di lembaga ini.

Menariknya, meskipun 4 orang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Perbatasan Utara, tetapi belajarnya tidak disini. Dititipkan ke kampus lain.

Ya. 4 mahasiswa ini dititipkan ke Al Imam Muhammad bin Saud Islamic University di Kota Riyadh. Mereka belajar persiapan bahasa Arab di kampus pusat LIPIA ini, karena di NBU (Northern Border University) belum ada kelas persiapan bahasa Arab untuk mahasiswa asing.

Bagi jiwa petualang, ini sangat menantang, karena banyak dapat pengalaman berharga.
Kuliah di Arar, 2 tahun belajar di Riyadh, dan nanti saat selesai persiapan bahasa Arab, balik lagi ke Arar.

Jarang banget ada orang Indonesia yang belajar persiapan bahasa Arab di Al Imam Muhammad bin Saud Islamic University, karena di Indonesia sudah ada LIPIA.

Minat daftar kuliah disini?. Search aja di google nama kampusnya. Pantengi terus. Nanti kalau pas ada pembukaan, langsung apply.

Seperti biasa, syarat yang harus disiapkan: passport, ijazah SMA, nilai, dan rekomendasi.
Semangat! 

Keterangan foto: sebuah jalan di kota Arar saat suasana lockdown total (foto diambil dari SPA News)

source Budi Marta Saudin
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: