Berapa jumlah malaikat yang turun di malam lailatul qadar ?

malaikat yang turun di malam lailatul qadar

Asy-Syaikh Abdullah bin Shalfiq Azh-Zhafiri hafizhahullah

Diantara pengagungan Allah terhadap sepuluh malam terakhir adalah tatkala Allah memerintahkan Jibril ‘alaihissalam dan seluruh malaikat di tujuh langit untuk turun ke bumi pada Lailatul Qadar.

Berapa jumlah malaikat yg turun ke bumi? seribu? dua ribu? tiga ribu malaikat? empat ribu malaikat?

lima ribu malaikat? sejuta? dua juta? sepuluh juta? atau semilyar?

Dengarkanlah apa yang Allah ﷻ firmankan:

(إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ ﴿1﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ﴿2﴾ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ ﴿3﴾ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ ﴿4﴾ سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ ﴿5﴾) [القدر: 1-5]
“Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Quran pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apa itu lailatul Qadar? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu para malaikat dan Jibril turun dengan ijin Rabb mereka untuk mengatur segala urusan. Pada malam itu (penuh) keselamatan hingga terbit fajar. (QS. Al-Qadar 1-5)

Imam Ibnu Khuzaimah rahimahullah dalam sebuah hadits yang dihasankan oleh Ibnu Hajar dan Al-Albani rahimahumallah, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

«تنزل الملائكة في ليلة القدر إلى فجرها»
“Para malaikat turun pada Lailatul Qadar hingga waktu Fajarnya.”

atau yang seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

«الْمَلائِكَةُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الأَرْضِ أَكْثَرُ مِنْ عَدَدِ الْحَصَى»
“Para Malaikat pada saat Lailatul Qadar di bumi jumlahnya lebih banyak dari pada jumlah kerikil/pasir.” (HR. Ibnu Khuzaimah dihasankan Ibnu Hajar dan Al-Albani )

«أَكْثَرُ مِنْ عَدَدِ الْحَصَى»
” Lebih banyak daripada jumlah bilangan kerikil/pasir.”

Dan Malaikat itu berapa jumlah mereka? Telah tetap dalam sebuah hadits yang shahih, kalau di Baitul Makmur itu sejak Allah menciptakannya, setiap harinya ada 70ribu malaikat yang thawaf di sana kemudian mereka tidak kembali lagi ke sana di lain waktu. Sejak Allah menciptakan langit dan bumi, setiap hari ada 70ribu malaikat, lalu mereka tidak kembali lagi kali lainnya.

Wallohu a'lamu
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: