Jangan Lewatkan Kesempatan puasa 6 hari di bulan syawal

Jangan Lewatkan Kesempatan puasa 6 hari di bulan syawal

Kesempatan untuk melakukan amal shaleh yang dirahasiakan pelipatan ganda pahalanya, yakni, ''berpuasa'' di bulan Ramadhan telah melewati kita. Dan, tak mungkin tentunya bagi kita untuk mundur ke belakang, kembali ke bulan Ramadhan yang telah lewat itu. Maka, dikatakan,

اَلْوَقْتُ أَنْفُسٌ لَا تَعُوْدُ
"Waktu adalah nafas yang tak akan kembali."

Meski begitu, kesempatan untuk berpuasa masih ada di bulan berikutnya, maka janganlah Anda lewatkan kesempatan berpuasa berikutnya ini. Di bulan Syawal ini berpuasalah 6 hari. Dengan ini dikatakan, ''seperti shiyam ad-Dahri''.

Perhatikan sabda Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- berikut ini,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
"Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian mengiringinya dengan (berpuasa) 6 hari dari bulan Syawal, maka (pahala) hal itu seperti (pahala) ''shiyam ad-Dahri'' (puasa setahun penuh)." (HR. Muslim)

Imam an-Nawawiy -semoga Allah merahmatinya- mengatakan :

قَالَ الْعُلَمَاء : وَإِنَّمَا كَانَ ذَلِكَ كَصِيَامِ الدَّهْر ؛ لِأَنَّ الْحَسَنَةَ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا ، فَرَمَضَانُ بِعَشَرَةِ أَشْهُرٍ ، وَالسِّتَّة بِشَهْرَيْن
Para ulama berkata, "(Pahala) puasa itu seperti setahun penuh karena satu kebaikan senilai sepuluh kali lipatnya dan satu Ramadhan senilai dengan pahala sepuluh bulan dan (puasa) enam hari (di bulan syawal) senilai dengan pahala dua bulan. ( Syarh an-Nawawiy 'Ala Muslim, 4/186)

Maka dari itu, janganlah Anda lewatkan kesempatan ini !

--------------------
alsofwa.com | alsofwah.or.id
Konsultasi Islam & Keluarga (021-78836327)
W.A Dakwah Al-Sofwa +62 81 3336333 82

Tidak ada komentar: