NASIHAT AGAR ISTIQOMAH DALAM KEBAIKAN DAN KETAATAN

NASIHAT AGAR ISTIQOMAH DALAM KEBAIKAN DAN KETAATAN

Jika kita merasa Iman kita sedang turun, janganlah sia-siakan waktu senggang, jauhi Sosmed dan kawan-kawannya dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

" jika dirimu tidak tersibukkan dalam kebaikan, pasti akan tersibukkan dalam hal yang sia-sia." (Al Jawaabul Kaafi karya Ibnul Qayyim)

Jangan sampai diri kita tersibukkan dalam hal yang sia-sia.

Al Hasan Al Bashri berkata, “ Di antara tanda Allah berpaling dari seorang hamba, Allah menjadikannya sibuk dalam hal yang sia-sia sebagai tanda Allah menelantarkannya.” (at-Tamhid hadits ke 21 hal 200 karya Ibnu Abdill Barr)

Ingatlah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

“Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang ”(HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas).

karena waktu senggang adalah di antara

nikmat yang banyak dilalaikan.

Jika Kita Terjerumus Dalam Kemaksiatan, Iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

“ Bertakwalah kepada Allah di manapun anda berada. Iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, karena kebaikan itu dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik ” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987, ia berkata: ‘hadits ini hasan shahih).

Kalimat yang menunjukkan kesegeraan, artinya segera tutupi dosa-dosa dengan taubat dan amal saleh. Jangan menunda-menunda. Supaya ia terhindarkan dari segala dampak buruk yang akan timbul dari dosa yang ia lakukan. Karena dosa yang mengendap lama dalam diri, akan sangat berbahaya. Dosa yang tidak segera ditaubati, dikhawatirkan akan melahirkan dosa lain. Semakin banyak dosa, hati akan semakin gelap, tertutup noda-noda dosa.

Saudaraku, senantiasalah engkau meminta pada Allah kebaikan pada hari ini dan hari besok karena hanya orang yang mendapatkan taufik dan pertolongan Allah Ta’ala yang dapat selamat dari Waktu Senggang yang sia-sia.

Referensi:

[1] rumaysho.com/2782-waktu-laksana-pedang-2.html
[2] muslim.or.id/29981-iringi-dosa-dengan-amal-saleh.html
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: