orang miskin lebih dermawan dari orang kaya ?

orang miskin lebih dermawan dari orang kaya ?

Pernah ikut kajiannya Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri hafidzahullah,
Beliau menjelaskan bahwa orang miskin lebih dermawan dari orang kaya yang paling Kaya.
Beliau memberikan permisalan tentang orang miskin vs orang kaya.

- seandainya Ada orang miskin yang memiliki harta hanya uang 10.000, hartanya hanya uang itu saja dan tidak Ada yang lainnya. Kemudian Ada orang yang datang kepadanya minta-minta, relakah orang miskin itu memberikan setengah dari hartanya (uang 5.000) ? Jawabnya banyak orang miskin yang dengan sukarela memberikan setengah hartanya (5.000) kepada orang lain, bahkan seluruh hartanya (10.000) pun rela.

- kemudian Ada orang kaya yang memiliki harta yang banyak, misal: memiliki dua rumah mewah, satu Rumah di pondok Indah seharga 4 Milyar dan satu Rumah lagi di wilayah elit lainnya dengan harga 7 Milyar. Pertanyaan nya adalah Apakah orang kaya itu akan rela memberikan setengah hartanya kepada orang lain jika Ada yang Minta ? 

Katakanlah Rumah yang di pondok Indah seharga 4 Milyar ? Jawabnya tidak akan memberikan, kalopun dia memberikan dia akan berpikir jutaan Kali. Itu baru setengah dari hartanya, bagaimana lagi dengan seluruh hartanya akan diberikan kepada orang lain. Paling² orang yang minta itu akan diberikan motornya yang seharga 3 atau 4 Juta, bukan setengah apalagi seluruh hartanya.

Demikian kurang lebihnya, semoga bisa diambil pelajaran tentang kemuliaan orang miskin dibandingkan dengan orang kaya yang paling kaya.

La Ode Abu Hanifa

Tidak ada komentar: