-->

Polda riau manfaatkan Smart Helmed Thermal deteksi dini yang terpapar Covid-19

Smart Helmed Thermal

PEKANBARU-Berbagai inovasi dan terobosan dilakukan Polda Riau dalam upaya membantu pemerintah menangani Covid-19 terutama dalam hal mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Dalam rangka memudahkan melakukan deteksi dan pemantauan terhadap masyarakat yang diperkirakan positif Covid-19, kini Polda Riau memanfaatkan Smart Helmed Thermal yang dapat membantu melakukan deteksi dini terhadap subyek yang terpapar Covid-19.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto mengatakan, alat ini di siagakan di perbatasan Provinsi Riau untuk membantu memindai orang yang hendak masuk ke Pekanbaru Riau.

”Tujuannya untuk membantu pemerintah dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di Riau,” kata Sunarto.

“Smart Helmet Thermal ini secara lebih spesifik dapat melakukan identifikasi suhu panas dari orang secara lebih detail. Alat ini dinilai lebih efektif bila dibandingkan dengan pengukuran melalui alat thermoscan maupun thermogun yang selama ini digunakan di berbagai tempat”.

“Bahkan subyek yang mempunyai suhu panas/ demam dapat dipindai dari jarak lima meter. Alat ini juga dapat memindai semua individu di dalam kerumunan dan 100 persen akurat”.

Helmet Thermal merupakan alat yang dibuat karena terinspirasi film Robocop. Alat ini dilengkapi pemindai kode QR dan fitur pengenalan wajah. Demikian juga dengan kacamata yang terpasang sudah menggunakan teknologi augmented reality (AR) dengan berbagai pilihan konektivitas seperti WiFi, Bluetooth, dan jaringan 5G.

Nantinya alat ini akan dimanfaatkan Polda Riau dalam mendukung pelaksanaan PSBB di Kota Pekanbaru. Helmet akan dipakai anggota Polri di lapangan terutama di pintu masuk wilayah Riau. Dengan menggunakan Smart Helmed “Robocop”, anggota tidak perlu lagi bersentuhan dengan masyarakat yang diperiksanya.

Satu hal lagi yang penting bahwa helm canggih ini dilengkapi dengan alat perekam live. Nantinya rekaman dari helm ini dapat digunakan sebagai salah satu alat bukti di Pengadilan saat petugas melakukan penindakan terhadap masyarakat yang melanggar PSBB.

“Polda Riau berkomitmen memanfaatkan ternologi untuk mendukung pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau yang kita cintai ini.” kata Sunart

source jernih.co
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: