Beasiswa Kuliah di Riyadh

Beasiswa Kuliah di Riyadh

Covid-19 masih mewabah di Arab Saudi. Hingga kini jumlah korban semakin meningkat. Setiap harinya ada lebih dari 3 ribu orang dinyatakan tertular virus ini.

Di tengah situasi yang kemana-mana serba harus pakai masker ini, semua harus move on. Menghadapi era baru dalam kehidupan. Mereka menyebutnya new normal. Orang Arab mengucapkannya dengan audatul hayah ila thobi'atihal jadidah (عودة الحياة إلى طبيعتها الجديدة).

Sekolah-sekolah di Saudi, jenjang TK dan SD, mulai menerima murid baru pada Senin, 22 Juni 2020 ini. Pendaftaran via online.

Beberapa kampus di Saudi juga telah mulai membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru. Diantara perguruan tinggi yang saat ini sedang membuka pendaftaran adalah King Saud University (KSU), Riyadh, untuk jenjang pra-S1 dan diploma pascasarjana.

Pendaftaran pada saat ini khusus dibuka untuk non Saudi. Teman-teman yang berminat, ayo segera klik tautannya dan isi berkasnya.

Prosedur mahasiswa non Saudi, jika ingin kuliah S1 di KSU, maka harus masuk via pra-S1 di Arabic Linguistics Institute. Disini mahasiswa digembleng dalam hal penguasaan bahasa Arab. Total lama kuliahnya adalah 4 semester dengan durasi waktu 2 tahun.

Saat diterima nanti, mahasiswa yang baru datang akan dites kemampuan bahasa Arabnya.

Penempatan level akan disesuaikan dengan hasil nilai ujian. Kalau sudah mahir, biasanya masuk ke semester 3. Maka dia cukup 1 tahun belajar di ma'had ini, yang selanjutnya akan masuk kuliah S1 dengan memilih berbagai jurusan, seperti akidah, fiqih, hadits, atau ilmu Al Qur'an. Atau boleh juga pilih jurusan sastra Arab, komunikasi, hukum, dan lain-lain.

Untuk jenjang diploma pascasarjana, konsentrasi yang dibuka adalah "Teacher Trainer Arabic for non Native Speaker." Program profesi untuk dosen dan pengajar bahasa Arab bagi penutur asing. Syarat daftarnya harus ada ijazah S1 jurusan bahasa Arab, tarbiyah, dirasat Islamiyah, atau yang semisalnya. Lama belajarnya adalah 1 tahun. Gelarnya postgraduate diploma. Beberapa tahun lalu, ijazah ini di Indonesia setara S2.

Nah, sekarang ini, baik pra-S1 maupun diploma Pascasarjana, sedang membuka pendaftaran. Batas akhir pengajuannya sampai 10 Agustus 2020. Masih ada waktu untuk menyiapkan berkas.

Semua pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis. Tinggal modal kuota internet aja.

Pengumuman biasanya antara 1- 3 tahun. Lama ya nunggunya?. Sabar!

Kalau diterima, fasilitas yang didapat adalah:

1) Kuliah gratis 100 %.
2) Disediakan buku-buku kuliah.
3) Asrama, 1 mahasiswa menempati 1 kamar.
4) Internet 24 jam.
5) Fasilitas kesehatan (klinik dan rumah sakit).
6) Uang saku setiap bulan sebesar 840 riyal.
7) Subsidi makan di kantin.
8) Tiket pulang kampung PP pesawat Saudia Airlines setahun sekali.

Bagi yang mau daftar, silahkan klik link ini: ali-admit.ksu.edu.sa

Semoga covid-19 cepat berhenti, sehingga nanti teman-teman yang diterima dapat berangkat ke Saudi tanpa kendala.

Insya Allah tahun depan saya jemput di Bandara King Khalid Riyadh ya.
Semangat!

source ustadz budi marta
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: