inspeksi lapangan di pasar tradisional di kota Tha'if

inspeksi lapangan di pasar tradisional di kota Tha'if

شرطة منطقة مكة تتواجد ميدانيا في الأسواق الشعبية في محافظة الطائف 
"Kepolisian propinsi Mekkah melakukan inspeksi lapangan di pasar tradisional di kota Tha'if." 

Mufradat dan kandungan makna kata:

1) Manthiqoh (منطقة), orang Arab ngucapnya minthoqoh. Ketika ditulis منطقة مكة maka artinya adalah propinsi Mekkah. Propinsi adalah satuan wilayah atau teritorial yang terdiri dari beberapa kota dan kabupaten. Seperti propinsi Jawa Barat, yang merupakan sekumpulan dari beberapa kota dan kabupaten, seperti Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Cirebon, dan lain-lain.

2) Tatawajad Maidaniyan (تتواجد ميدانيا), bermakna inspeksi lapangan. Yaitu suatu kegiatan blusukan untuk mengecek, apakah masyarakat mentaati peraturan atau tidak. Dalam hal ini, pihak kepolisian memeriksa apakah warga sudah melakukan protokol kesehatan seperti social distancing dan menggunakan masker atau tidak.

3) Al Aswaq Asy Sya'biyyah (الأسواق الشعبية), bermakna pasar tradisional. Yaitu sebuah pasar yang berisi kumpulan para pedagang yang menjajakan barang dagangannya dengan metode lama. Lawan dari pasar tradisional adalah pasar modern yaitu mall atau supermarket.

4) Muhafadzah (محافظة), jika lihat di kamus atau google translet, maknanya adalah kegubernuran. Tapi ini saya kira kurang tepat. Seperti yang tercantum pada tulisan diatas, yaitu محافظة الطائف (Kegubernuran Tha'if). Susah untuk dipahami. Lebih enaknya jika muhafadzah ini diartikan dengan kota atau kabupaten. Karena Tha'if adalah sebuah wilayah yang berada di bawah kordinasi propinsi Mekkah.

Foto diambil dari laman Makkah Region

source ustadz marta saudin
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: