Tidak semua yang terjadi di dunia, allah cintai dan ridho

Tidak semua yang terjadi di dunia, allah cintai dan ridho

Ketika Allah ﷻ menciptakan susu dan khamr, Allah ﷻ memerintahkan dan mencintai agar manusia makan dan minum yang baik lagi halal.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu" [QS. Al-Baqarah : 168].

Susu adalah diantara makanan/minuman yang baik lagi halal.

Ketika Allah ﷻ menciptakan orang yang shalih dan yang jahat, Allah ﷻ memerintahkan dan mencintai agar manusia menjadi orang shalih, berteman dengan orang shalih, dan menjauhi orang jahat.

يُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَيُسَٰرِعُونَ فِى ٱلْخَيْرَٰتِ وَأُو۟لَٰٓئِكَ مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ
"Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang shalih" [QS. Aali 'Imraan : 114].

الْأَخِلَّاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ
“Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya akan menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertaqwa” [QS. Az-Zukhruf : 67].

Oleh karena itu, sikap dan cara pandang kita dalam beramal harus melihat dari perspektif iraadah syar'iyyah Allah. Apa yang dicintai dan diridlai oleh-Nya ﷻ. Realitas tidak serta-merta menjadi hujjah akan kebenarannya.

Meminjam cara pandang liberalis dan pegiat LBTG, benconx sudah ada semenjak awal peradaban manusia. Benconx adalah ciptaan Allah ﷻ. Maka, eksistensi mereka harus diakui dan tidak boleh seorang pun mencela perilaku spesies ini. Bagaimana bisa boleh dikatakan demikian?. Pembunuh juga telah eksis semenjak generasi pertama anak Adam.

فَطَوَّعَتْ لَهُ نَفْسُهُ قَتْلَ أَخِيهِ فَقَتَلَهُ فَأَصْبَحَ مِنَ الْخَاسِرِينَ
"Maka hawa nafsunya menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi" [QS. Al-Maidah : 30].

Akan tetapi Allah tidak meridlainya dan mengancam pelakunya dengan ancaman sangat keras.

وَمَنْ يَقْتُلْ مُؤْمِنًا مُتَعَمِّدًا فَجَزَاؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِدًا فِيهَا وَغَضِبَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهُ وَأَعَدَّ لَهُ عَذَابًا عَظِيمًا
"Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan adzab yang besar baginya" [QS. An-Nisaa' : 93].

Begitu juga, benconx, Allah ﷻ melarangnya melalui lisan Nabi-Nya ﷺ:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: لَعَنَ النَّبِيُّ ﷺ المُخَنَّثِينَ مِنَ الرِّجَالِ، وَالمُتَرَجِّلاَتِ مِنَ النِّسَاءِ، وَقَالَ: «أَخْرِجُوهُمْ مِنْ بُيُوتِكُمْ» قَالَ: فَأَخْرَجَ النَّبِيُّ ﷺ فُلاَنًا، وَأَخْرَجَ عُمَرُ فُلاَنًا
Dari Ibnu 'Abbaas radliyallaahu 'anhu, ia berkata : “Nabi ﷺ melaknat para laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki. Beliau ﷺ bersabda 'Keluarkan mereka dari rumah kalian'. Maka Nabi ﷺ mengusir si Fulan, sedangkan Umar mengusir si Fulan" [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy].

Demikian juga dalam perkara-perkara lainnya. Apa yang Allah dan Rasul-Nya cintai dan ridlai?

Realitas oknum kiyai merokok dan nyabu bukan dalil bolehnya merokok dan nyabu. Realitas kaum muslimin berpecah dan berkompok-kelompok bukan dalil tafarruq tersebut dicintai. Realitas sebagian kaum muslimin sangat doyan makan syubhat, bukan artinya perbuatan mereka terpuji.

Inilah yang bingkai keimanan seorang muslim dalam perkara qadla' dan qadar. Tidak semua yang terjadi di dunia merupakan perkara yang Allah ﷻ cintai dan ridlai, lalu direpro dalam amalan sehari-hari. Akan tetapi, Allah ﷻ memberikan hikmah yang besar di balik itu bagi manusia. Wallaahu a'lam.

source dony arif wibowo
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: