Universitas Tabuk Arab Saudi resmikan mesjid tanpa tiang tengah kubah terbesar di dunia

Universitas Tabuk Arab Saudi resmikan mesjid tanpa tiang tengah

Arsitektur masjid Universitas Tabuk adalah perpaduan antara seni peradaban Islam dan estetika arsitektur modern.

Pada saat yang sama, desainnya yang unik sesuai dengan aturan rekayasa struktural - dalam bentuk kubah besar tanpa kolom, menjadikannya keajaiban arsitektur, Saudi Press Agency (SPA) mengatakan Sabtu.

Universitas memilih untuk mengadakan shalat Jumat di masjid kemarin (Jumat, 19 Juni), membuka pintunya untuk jamaah, di tengah langkah-langkah penjagaan kesehatan dan pencegahan, sejalan dengan rekomendasi yang ada dari otoritas terkait untuk memastikan keselamatan jamaah.

Masjid Universitas Tabuk adalah salah satu landmark terkenal di wilayah ini, dan di tingkat universitas Kerajaan. Itu dibangun sebagai tengara merayakan peradaban Islam dan perkotaan kota Tabuk, yang juga merupakan pusat terkemuka untuk ilmu-ilmu agama Islam.

Ketika mengunjungi Universitas Tabuk, masjid menarik perhatian para penonton dengan desain modern, kubah yang unik dan halaman beraspal, bersebelahan dengan menara universitas, mendukung deanship dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kedokteran Terapan.

Masjid ini ditandai oleh serangkaian kualitas arsitektur yang menjadikannya salah satu karya arsitektur terbaik di tingkat masjid. Ini memiliki total luas masjid adalah 8.000 meter persegi, dan kapasitasnya adalah 3.500 jamaah.

Ini memiliki dua menara masing-masing setinggi 50 meter. Atapnya berbentuk kubah dengan luas 5.887 meter persegi yang dihiasi dengan mosaik.

Bagian luar masjid berlapis ganda dengan tingkat transmisi cahaya yang tinggi. Dinding dan lantai ditutupi dengan granit dan marmer, dengan pelapis aluminium untuk kedua menara dan dinding dekoratif.

Total area alun-alun luar ruangan dan ruang parkir masjid adalah 30.300 meter persegi, dan tempat parkir memiliki kapasitas 380 kendaraan.

Masjid ini ditandai oleh sistem pencahayaan alami melalui kubah dan dinding kacanya, sistem pendingin udara sentral, sistem manajemen dan kontrol BMS, sistem alarm jika terjadi kebakaran dan sistem akustik yang canggih.

Pintu masuk ditutupi dengan kotak granit, dan lantai halaman masjid memiliki ubin marmer dan dinding kaca. Atap masjid terdiri dari aluminium yang tergantung di atas nave masjid, kelongsong aluminium, kaca untuk balok melingkar, dekorasi dinding dan menara.

source https://saudigazette.com.sa/article/594510
___________________________________
Masjid ini sangat viral karena pertama kali di dunia, konstruksi bangunan masjid yang berdiri tanpa ditopang oleh tiang didalam ruangan.

Mohon maaf bagi yang sering mengejek kadal gurun, di sini koneksi internet sudah level 5G dan ditemukan lagi Lokasi ladang minyak dan gas bumi baru....
Alhamdulillah...

__
Dinukil dari :
#Suara_Madinah
#Winie_Sharif_Hafi
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: