Ustadz Badrussalam: Kedudukan As Sunnah adalah Menjelaskan Al Quran

Kedudukan As Sunnah adalah Menjelaskan Al Quran

Allah berfirman dalam (QS An Nahl : 44)

‎بِٱلۡبَيِّنَٰتِ وَٱلزُّبُرِۗ وَأَنزَلۡنَآ إِلَيۡكَ ٱلذِّكۡرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيۡهِمۡ وَلَعَلَّهُمۡ يَتَفَكَّرُونَ
Keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. Dan Kami turunkan kepadamu Al Quran, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.

▶️Disini Allah menyebutkan bahwa fungsi sunnah adalah menjelaskan Al Quranul Kariim.

Oleh karena itu sebahagian ulama mengatakan sunnahlah yang menjelaskan Al Quran dan tidak sebaliknya.

Allah berfiman dalam (QS An Nur : 63)

‎لَّا تَجۡعَلُواْ دُعَآءَ ٱلرَّسُولِ بَيۡنَكُمۡ كَدُعَآءِ بَعۡضِكُم بَعۡضٗاۚ قَدۡ يَعۡلَمُ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ يَتَسَلَّلُونَ مِنكُمۡ لِوَاذٗاۚ فَلۡيَحۡذَرِ ٱلَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنۡ أَمۡرِهِۦٓ أَن تُصِيبَهُمۡ فِتۡنَةٌ أَوۡ يُصِيبَهُمۡ عَذَابٌ أَلِيمٌ
Janganlah kamu jadikan panggilan Rasul diantara kamu seperti panggilan sebahagian kamu kepada sebahagian (yang lain). Sesungguhnya Allah telah mengetahui orang-orang yang berangsur-angsur pergi di antara kamu dengan berlindung (kepada kawannya), maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih.

▶️Disini Allah mengancam orang yang menyelisihi perintah RasulNya dengan dua ancaman yang berat :

1. Ditimpa fitnah yaitu syirik atau kekafiran
2. Ditimpa adzab yang pedih

Ini menunjukan bahwa perintah Rasul tidak lain adalah perintah Allah. Bahkan itu sebagai penjelasnya.

Beliau membawakan riwayat dari Alqomah:

عن علقمة أن امرأة من بني أسد أتت عبد الله بن مسعود رضي الله عنه فقالت له: إني بلغني أنك لعنت ذيت وذيت والواشمة والمستوشمة، وإني قد قرأت ما بين اللوحين فلم أجد الذي تقول، وإني لأظن على أهلك منه، فقال عبد الله: (( فادخلي فانتظري )) فدخلت فنظرت فلم تر شيئاً ،فقال لها عبد الله: (( أما قرأت:
{.....وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا ۚ .....} [الحشر : 7] )) فقالت: بلى، قال: (( فهو ذاك ))

Bahwa ada seorang wanita dari banu Assad datang kepada Abdullah bin Mas'ud Radhiyallahu Anhu.

Wanita itu berkata : " Sesungguhnya telah sampai kepadaku bahwa engkau melaknat begini dan begitu, dan wanita yang bertatto dan yang minta di tatto. Dan sungguh aku sudah menghafal AlQuran, tapi aku tidak mendapatkan ayatnya. Dan sesungguhnya aku minta kepada engkau keterangan dan aku meyakini engkau sebagai ahlinya."

Abdullah bin Mas'ud berkata : "Silakan kamu masuk dan kamu lihat ayat ayat Al Quran."

Kemudian wanita itu masuk dan melihat; dan ternyata tidak melihat apa apa.

Lalu Abdullah bin Mas'ud berkata : "Apa kamu tidak membaca firman Allah dalam (QS Al Hasyr : 7) :

‎مَّآ أَفَآءَ ٱللَّهُ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ مِنۡ أَهۡلِ ٱلۡقُرَىٰ فَلِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي ٱلۡقُرۡبَىٰ وَٱلۡيَتَٰمَىٰ وَٱلۡمَسَٰكِينِ وَٱبۡنِ ٱلسَّبِيلِ كَيۡ لَا يَكُونَ دُولَةَۢ بَيۡنَ ٱلۡأَغۡنِيَآءِ مِنكُمۡۚ وَمَآ ءَاتَىٰكُمُ ٱلرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَىٰكُمۡ عَنۡهُ فَٱنتَهُواْۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلۡعِقَابِ
Apa saja harta rampasan (fai-i) yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya (dari harta benda) yang berasal dari penduduk kota-kota maka adalah untuk Allah, untuk Rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.

Kata wanita itu : "Ya, aku dapatkan itu“

Maka Ibnu Mas'ud berkata : "Nah itu dia"

Dalam suatu riwayat yang lain Abdullah bin Mas'ud berkata : "Bagaimana aku tidak melaknat orang yang dilaknat oleh Rasulullah ‎ﷺ. "

Sementara Allah sudah mengatakan dalam ayat tadi; dan Rasulullah ‎ﷺ melaknat wanita yang bertatto dan minta di tatto.

Kemudian beliau juga membawakan hadits, Rasulullah ‎ﷺ bersabda : " Jangan sampai aku mendapatkan salah seorang dari kalian duduk diatas dipannya, datang kepadanya perintah dariku atau larangan laranganku lalu ia berkata : Aku tidak tahu. Yang kami temukan dalam Al Quran saja yang kami ikuti". ( Hadits shahih )

▶️Artinya Rasulullah ‎ﷺ mengabarkan akan munculnya orang orang yang menolak sunnah, inkarus sunnah. Dan ternyata yang Rasulullah kabarkan tentu benar.

Allahu A'lam

Al Fawaid Al Ilmiyyah
KITAB SHAHIH JAMI' BAYAANIL 'ILMI WA FADHLIH IBNU ABDIL BAAR
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: