-->

14 cara merawat buku atau kitab dengan cara yang baik dan benar

14 cara merawat buku atau kitab dengan cara yang baik dan benar

1. Siapkan rak khusus untuk buku, jangan dicampur dengan peralatan yang lainnya yang akan menyebabkan buku kita tidak rapi bahkan kotor.

Rak bisa dari kayu atau besi sesuai selera kita.

2. Letakan rak ditempat yang kering dan bersih. Hati-hati dengan rayap yang jadi musuh utama buku dan kayu, terkhusus didaerah curah hujannya banyak yang beriklim tropis.

Di Arab karena panas dan kering, maka tidak dijumpai rayap.

Hati2 juga dengan tikus kecil yang memakan kertas.

3.  Dikasih sampul. Manfaatnya biar cover atau jilidnya bersih dan tidak cepat rusak.

4. Jangan terlalu rapat meletakkan buku dalam rak, yang akan menyebabkan cover rusak atau tulisan dicovernya menjadi buram bahkan kehapus, apalagi kalau buku kita kwalitas covernya standar. Dan biasakan meletakkan buku kita dalam posisi berdiri sempurna, biar tidak bengkok.

Siasati peletakan buku kita biar tidak mudah rubuh dengan besi khusus penegak buku.

5. Jangan lupa memberi nama pada buku yang kita miliki, biar kalau ketukar atau hilang bisa dicari, bagusnya lagi kita kasih alamat dan nomor kontak kita.

Bila perlu buatkan stempel nama untuk buku kita, yang tentu akan lebih rapi dari tulisan tangan.

6. Dibiasakan tidak melipat kertas pada buku, tapi berilah alat pembatas bacaan khusus.

7. Kalau antum termasuk suka memberi catatan2 kecil di buku ketika membacanya, maka hendaklah menggunakan pensil yg bisa dihapus. Dan supaya catatan kita rapi kita tulis per nomor dipojok kanan ( tulis 1 , keterangannya tulis diatas pojok kanan 1 ), supaya terkesan rapi dan tidak berantakan disana sini dengan catatan.

8. Hendaklah membiasakan meletakkan buku sesuai pembahasannya, misalnya rak hadits maka isinya buku hadits semua. Dan hendaklah setiap selesai membaca dikembalikan lagi ketempat biasanya, yang ini akan memudahkan kita mencarinya, apalagi kalau koleksi buku kita banyak.

9. Buatlah katalog khusus untuk buku kita. Ini sangat membantu kita dalam menatanya dan mengingat stok buku kita apa saja.

10. Setiap ada yang mau meminjam buku kita maka catatlah dan berikan batas waktu. Sehingga buku tersebut tidak hilang begitu saja. Habis waktunya jangan sungkan untuk meminta balik : Aku yang beli - Engkau yang menghilangkan.

11. Beri penutup diatas buku kita, bisa dari kertas atau apa saja. Lebih bagus lagi kalau rak kita ada penutup kacanya, tentu akan lebih bersih.

12. Jangan pernah menjadikan buku kita sebagai bantal untuk tidur. Akibatnya dipikir sendiri yaa.

13. Jangan pernah menjual buku yang sudah kita beli, karena buku tersebut ibarat istri bagi kita. Maka slektiflah ketika beli buku, biar tidak ada keinginan untuk menjual, kalau memang kita beli buku baru yang judulnya sama ini bisa buat perbandingan antar cetakan.

Tidak ada kata rugi dalam beli buku.

14. Jangan meletakkan atau menyusun buku koleksi kita dilantai kalau bukan karena sangat terpaksa. Ini kurang hormat dan kurang menghargai buku.

Yang lainnya silahkan ditambahkan sendiri ..... ???

SEMOGA BERMANFAAT

Baarokallahu fikum

writer unknow
reshare from group ustadz anton dar al-alamiyah
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: