-->

Misi Pertama Uni Emirat Arab ke Mars Sukses Diluncurkan


Hari ini (20/7/2020), misi pertama Uni Emirat Arab (UEA) ke Mars yakni @hopemarsmission sukses meluncur pada pukul 04:58 WIB menggunakan roket H-IIA milik Mitsubishi dari Tanegashima Space Center, Jepang.

Peluncuran awalnya akan dilakukan pada 15 Juli lalu, namun ditunda karena cuaca buruk di tempat peluncuran.

Misi ini terdiri dari sebuah orbiter bernama Al-Amal (dalam bahasa Indonesia: "Harapan") yang dikembangkan oleh Mohammed Bin Rashid Space Centre, organisasi pemerintah Dubai yang bekerja pada program luar angkasa UEA.

Al-Amal akan tiba di Mars pada bulan Februari tahun 2021 dan akan mengorbitnya dalam orbit elips berinklinasi 25° terhadap ekuator Mars dengan apoapsis-nya (titik tertinggi) sekitar 43.000 km dari permukaan Mars dan periapsis-nya (titik terendah) sekitar 20.000 km dari permukaan Mars.

Misi berdurasi selama (678 hari) di Mars ini akan mempelajari dinamika atmosfer Mars serta interaksinya dengan cuaca antariksa seperti angin surya.

Tujuan ilmiah misi ini adalah untuk memahami perubahan iklim Mars yang terjadi selama satu tahun, mengetahui hubungan antara cuaca Mars saat ini dan di masa lalu dan mempelajari mekanisme hilangnya atmosfer terluar (eksosfer) Mars ke angkasa yang terjadi selama bertahun-tahun ini yang membuat atmosfer Mars yang dulunya tebal menipis hingga menjadi seperti saat ini.

source https://www.instagram.com/p/CC3lPp_BQks/?igshid=3hnsynd8fqvg
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: