-->

PIF Arab Saudi membeli miliaran dolar saham saat pandemi seperti facebook, boeing dll

PIF Arab Saudi membeli miliaran dolar saham

Dana investasi Arab Saudi membeli miliaran dolar saham saat pandemi berdampak kepada ekonomi global. Sebagaimana laporan Jum’at (15/5), Saudi mengambil alih secara signifikan perusahaan dunia seperti BP Plc, Boeing Co., Citigroup Inc. dan Facebook Inc.

The Public Investment Fund (PIF), lima tahun lalu masih berupa holding company untuk saham pemerintah dalam bisnis domestik. Kini menggelontorkan $ 827,8 juta untuk saham BP, investasi $ 713,7 juta di Boeing dan $ 522 juta di Citigroup dan Facebook pada akhir dari kuartal pertama tahun ini.

Pembelian saham lainnya termasuk $ 495,8 juta di Walt Disney Co. dan $ 487,6 juta pada Bank of America Corp.

PIF sedang mencari “peluang apa pun yang muncul dari reruntuhan krisis ekonomi,” kata Gubernur The Fund, Yasir Al-Rumayyan, pada acara virtual di bulan April lalu. PIF berharap melihat “banyak peluang, memperkirakan pada saat itu, membidik perusahaan penerbangan, energi dan hiburan sebagai contoh.”

Ketika wabah coronavirus berdampak terhadap perdagangan dan mendorong harga saham ke level terendah dalam beberapa tahun, dengan dana PIF senilai $ 320 miliar, mencari penawaran untuk memperluas portofolio globalnya.

Kepemilikan lain yang dijelaskan oleh PIF, termasuk investasi $ 513,9 juta ke hotel Marriott International Inc., yang bahkan lebih besar daripada saham PIF untuk operator kapal pesiar Carnival Corp.

PIF juga membeli $ 416,1 juta saham promotor konser Live Nation Entertainment Inc., di saat mereka terhalang mengadakan even larangan mengadakan pertemuan saat pandemi.

Di sektor energi, PIF membeli saham perusahaan Canada, Suncor Energy Inc. dan Canadian Natural Resources Ltd., di atas investasi yang sebelumnya, Equinor ASA, Royal Dutch Shell Plc, Total SA dan Eni SpA.

Perburuan saham murah ini bertolak belakang dengan sikap banyak kalangan, seperti Warren Buffett’s Berkshire Hathaway Inc., yang sebelumnya mengumumkan keluar penuh dari investasi di empat maskapai besar AS.

Pada hari Jumat (15/5) lalu, Berkshire menjual sebagian besar investasi lama di Goldman Sachs Group Inc. dan mengurangi saham di perusahaan termasuk JPMorgan Chase & Co. Secara kebetulan, PIF membeli $ 78,4 juta saham Berkshire.

Pada tahun 2015 oleh Putra Mahkota Muhammad bin Salman memberikan kewenangan PIF yang lebih luas, dengan berinvestasi di dunia internasional untuk mendukung diversifikasi ekonomi Arab Saudi, menuju visi 2030. Arabnews

Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: