Perisai Paling Kuat untuk Keselamatan Hamba

Perisai Paling Kuat untuk Keselamatan Hamba

Sulaiman bin Jubair bin Muth’im berkata, ‘Aku pernah mendengar Ibnu Umar mengatakan,; Rasulullah-صلى الله عليه وسلم-tidak pernah meninggalkan permohonan-permohonan ini ketika sore dan ketika pagi :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ 
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى دِينِى وَدُنْيَاىَ وَأَهْلِى وَمَالِى 
اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَتِى
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat. 
Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ampunan dan keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, tutuplah aib celaku. (HR. Abu Dawud)

Doa ini mengajarkan untuk memohon al-’afiyah yaitu keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat. Karena keselamatan adalah hal yang paling berharga tiada tara bagi hamba. Barangsiapa yang diberikan keselamatan di dunia dan akhirat, maka telah sempurna jatah kebaikannya. 

Doa ini juga mengandung permohonan ampun dari dosa. Agar Allah menghapus dosa dan menutupinya. Agar Allah juga menganugerahkan keselamatan untuknya dari segala siksa dan bala; menjaganya dari bencanya, penyakit, dan melindunginya dari segala keburukan dan dosa. 

Terutama lagi agar Allah memberikan keselamatan dalam agama, yang merupakan perisa paling kuat untuk keselamatan hamba. 

(Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Abbad al-Badr, “Fiqhul Ad’iyah Wal Adzkar”, bagian Ketiga dan Keempat, hal.30)
--------------------

alsofwa.com | alsofwah.or.id
☎ Konsultasi Islam & Keluarga (021-78836327)
W.A Dakwah Al-Sofwa +62 81 3336333 82

Tidak ada komentar: