-->

Sejarah kejayaan islam, Asal usul kata madrid ibukota spanyol

Asal usul kata madrid ibukota spanyol

kita bicarakan sedikit tentang kota Madrid. Ibukota dari negara Spanyol saat ini.

Namun tahukah kita?Asal usul kata madrid itu dari apa? Bagaimana sejarahnya?? Mungkin kalau kata Madrid saat ini ditanya pada para pemuda, terlebih pecinta bola, tentu jawabannya tidak lepas dari klub sepakbola liga Spanyol Real madrid dengan pemain pemainnya.

Yuk kita lihat sejarah. Maka kata madrid, sebenarnya asalnya dari bahasa arab.Yakni Majrit .Dulu dikenal dengan nama مجريط. Konon kata ini terdiri dari campuran bahasa arab dan latin.

Pertama bahasa arab kata مجري dalam bahasa arab berarti saluran air. Kedua bahasa latin it alias ايتو yang berarti banyak .Disebabkan karena saluran air yang begitu banyak dan melimpah di kota ini.

Bahkan kota ini dulunya memulai babak baru dibawah kepemimpinan amir Muhammad pada abad ke 9 masehi.Beliau pun membangun benteng pertahanan di Madrid 

Tidak cuma itu, dahulu sebenarnya di kota Madrid, ada sebuah masjid jami'. Walau sekarang telah tiada.

Sebenarnya, banyak tokoh tokoh terkenal yang muncul dari kota Madrid ini,ketika kaum muslimin jaya dan berkuasa disana.

Diantaranya yang masyhur adalah,Abul qasim almajriti,Said bin salim almajriti,Abul abbas ibnul haj almajriti.

Almajriti adalah nisbah kepada kota Majrit.Yang sekarang,lebih dikenal dengan nama Madrid.

Kalau kita baca sejarah Islam di Spanyol,maka antara bahagia dan sedih. Bahagia, karena dulu Islam pernah jaya disana.Sedih, karena sekarang hanya tinggal kenangan dan nama.

Mudah mudahan kedepannya,kita bisa lanjutkan catatan kecil ini, tentang sejarah kejayaan Islam di Spanyol. Mulai dari Valencia, Madrid, Sevilla, Cordoba dan lain lain.

Akhukum, Abu husna afdal
Baca Juga
    Info Penting:
    langganan artikel | menerima tulisan, informasi dan berita untuk di posting | menerima kritik dan saran, WhatsApp ke +62 0895-0283-8327

    Tidak ada komentar: