Mengenal sumbangsih KH Ali Musthofa Ya'kub rahimahullah

Mengenal sumbangsih KH Ali Musthofa Ya'kub rahimahullah

Di antara penerjemah kitab Taujihat Islamiyyah karya Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu -salah seorang ulama salafi yang masyhur- adalah almarhum KH Ali Musthofa Ya'kub.

Buku ini diterjemahkan tahun 1994, dimurojaah oleh Ustadz Yusuf Harun dan diterbitkan oleh Darul Haq, Jakarta.

KH Ali Musthofa Ya'kub adalah tokoh islam yang menjabat sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal. Sewaktu Obama berkunjung ke sana bersama sang istri, KH. Ali Mustofa lah yang mendampingi.

Sepulang belajar dari Saudi, beliau banyak membuat tulisan-tulisan yang fenomenal. Di antaranya berjudul "Bid'ah-bid'ah di Bulan Rajab" yang sempat membuat gempar golongan tradisionalis karena memang background beliau berasal dari sana.

KH. Ali Mustofa Yakub pernah memberi pengantar terhadap buku yang sangat dikenal di kalangan salafy yaitu Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani.

KH Ali Mustofa Allah yarhamuh juga pernah menulis buku yang fenomenal berjudul Titik Temu Wahabi-NU. Upaya beliau untuk merukunkan dua kelompok Islam yang seringkali berbenturan di negeri ini.

KH. Ali Mustofa Yakub wafat pada hari Kamis, 24 April 2016. Sebelum meninggal, beliau terjadwal akan mengisi kajian kitab Arbain An Nawawiyyah di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta. Rahimahullah rahmatan wasi'ah.

Foto buku dari dokumentasi Bapak Sabur.

source wira bachrun

Tidak ada komentar: