Wahai Pengikut salaf, Mari kita belajar lemah lembut dan kasih sayang


KELEMBUTAN SALAFY

Mari kita belajar kelemah-lembutan dan kasih sayang...

Saya ingin mengajak antum bertamasya melihat Akhlak Syaikh Ibn Baz rahimahullah, bahkan kepada orang yang sering dicap menyimpang dan sesat, lihatlah nasihat yang timbul dari hati dan cinta kasih dari seorang ulama besar ini.

Allah Berfirman:

وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ ٱلْقَلْبِ لَٱنفَضُّوا۟ مِنْ حَوْلِكَ
Sekiranya kamu bersikap keras, berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.....
Mari belajar dari Akhlak orang besar!

1. Pertama: Lihatlah contoh koreksi atau bantahan Syaikh bin Baz terhadap pikiran Syaikh Abdurrahman bin Abdul Khaliq Rahimahumallah yang dianggap menyimpang...
beliau memulai dg pujian.

من عبدالعزيز بن عبدالله بن باز إلى حضرة الابن المكرم صاحب الفضيلة الشيخ عبدالرحمن بن عبدالخالق.
وفقه الله لما فيه رضاه وزاده من العلم والإيمان آمين
Dari Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz, kepada ananda yang Mulia, pemilik keutamaan asy-syaikh Abdurrahman bin Abdul Khaliq, semoga Allah memberinya Taufik terhadap apa yang Allah ridhoi dan semoga Allah menambahkan kepadanya ilmu dan iman....

Setelah itu baru beliau meluruskan pemikirannya dg adab, sopan santun, kasih sayang dan ilmiyah.

2. Yang kedua, Contoh kelembutan Syaikh bin Baz kepada Syaikh Al-Buthi Rahimahumallah seorang ulama asy'ari...

Syaikh bin Baz memulai surat koreksiannya dg kalimat:

من عبدالعزيز بن عبدالله بن باز إلى فضيلة الأخ المكرم الدكتور محمد سعيد رمضان البوطي وفقه الله
Dari Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz, kepada yang terhormat saudara yang Mulia Dr. Muhammad Said Ramadhan al-Buthi semoga Allah memberi Taufik kepadanya.

Setelah itu beliau menjawab permasalahan satu persatu dengan adab, sopan santun, dan ilmiah...
Cek point 1 dan 2 di https://binbaz.org.sa/

3. Yang ketiga, Ditanyakan kepada Syaikh bin Baz tentang orang yang suka mencela para da'i yang masyhur......bahkan ada yg sampai menjuluki Syaikh al-Qardhawi dg keledai..

Pertanyaan yang diajukan:

السلام عليكم ياشيخ لعلك تسمع عن منتدى يوجد على الإنترنت يسمى بمنتدى سحاب وهذا المنتدى مليء بالنقد الموجه إلى كثير من أهل العلم وطلبته يصل أحيانا إلى تجريحهم أشد التجريح والنيل منهم حتى أني قرأت في الآونة الأخيرة قصيدة كتبها أحدهم هجاء للشيخ يوسف القرضاوي يصفه فيها - أعزكم الله - بالحمار. فما رأيكم ياشيخ في هذا المنتدى؟ وبماذا تنصحوننا؟ هل نحذر منه ونصرف الناس عنه أم ماذا؟ أفيدونا وجزاكم الله خيراً.وهذا عنوان هذا المنتدى www.sahab.net.

simak nasihat beliau:

وقد شاع في هذا العصر أن كثيراً من المنتسبين إلى العلم والدعوة إلى الخير يقعون في أعراض كثير من إخوانهم الدعاة المشهورين، ويتكلمون في أعراض طلبة العلم والدعاة والمحاضرين، يفعلون ذلك سراً في مجالسهم، وربما سجلوه في أشرطة تنتشر على الناس، وقد يفعلونه علانية في محاضرات عامة في المساجد، وهذا المسلك مخالف لما أمر الله به ورسوله 
Telah beredar di zaman ini, banyak orang yang menisbatkan dirinya kepada ilmu, dakwah, dan kebaikan, mereka suka mencela kehormatan saudara-saudaranya para da'i yang masyhur, mereka melanggar kehormatan para penuntut ilmu, para dai, para dosen (mubaligh), mereka melakukan itu secara sembunyi² di majelis² mereka, bisa jadi mereka merekamnya di kaset-kaset yang tersebar di tengah² manusia, dan terkadang mereka melakukannya terang²an di kajian-kajian umum di masjid-masjid, ini adalah metode yang menyimpang (menyelisihi) perintah Allah dan rasulnya.
Di antara alasan yang disebut Syaikh bin Baz:

أن هذا العمل فيه مظاهرة ومعاونة للمغرضين من العلمانيين والمستغربين وغيرهم من الملاحدة الذين اشتهر عنهم الوقيعة في الدعاة والكذب عليهم والتحريض ضدهم فيما كتبوه وسجلوه، وليس من حق الأخوة الإسلامية أن يعين هؤلاء المتعجلون أعداءهم على إخوانهم من طلبة العلم والدعاة وغيرهم.
Sesungguhnya perbuatan ini membantu kaum sekuler, kaum kebarat²an dan yang semisalnya dari kalangan atheis yang terkenal mencela para da'i, membuat kedustaan atas mereka, dan memprovokasi manusia untuk menentang tulisan² mereka, bukanlah termasuk hak ukhuwah Islamiyyah, orang² yang tergesa² itu menolong musuhnya untuk memusuhi saudara²nya para penuntut ilmu dan para da'i.

وما وجد من اجتهاد لبعض العلماء وطلبة العلم فيما يسوغ فيه الاجتهاد، فإن صاحبه لا يؤاخذ به ولا يثرب عليه إذا كان أهلاً للاجتهاد، فإذا خالفه غيره في ذلك كان الأجدر أن يجادله بالتي هي أحسن، حرصاً على الوصول إلى الحق من أقرب طريق ودفعاً لوساوس الشيطان وتحريشه بين المؤمنين
Jika (kesalahan) itu ditemui dari ijtihad sebagian ulama atau penuntut ilmu dan memang dalam perkara yang boleh ijtihad maka tidak boleh mencela pelakunya Jika dia memang ahli ijtihad, Jika seseorang menyelisihinya dalam perkara tsb, maka selayaknya ia membantahnya dg cara yang terbaik, demi tersampainya Al-Haq dan demi menolak was-was dan adu domba syaithan di antara kaum muslimin.

فإن لم يتيسر ذلك، ورأى أحد أنه لا بد من بيان المخالفة فيكون ذلك بأحسن عبارة وألطف إشارة، ودون تهجم أو تجريح.....
Jika hal itu tidak memungkinkan, dan seseorang melihat harus ada penjelasan ttg penyimpangan...maka menjelaskan penyimpangan itu dibolehkan dg sebaik² ungkapan, dan selembut² isyarat, tanpa menyerang dan melukai perasaan.....

نصيحة الشيخ عبد العزيز بن باز رحمه الله التي نشرت في صحف الجزيرة والرياض يوم السبت 22/6/1412هـ.
Nasehat Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah yang disebar di Majalah Al-Jazeera dan al-Riyadl pada hari sabtu, 22/6/1412 H.

======
Jika itu perlakuan beliau kepada para tokoh di atas, Lalu bagaimana dg sesama salafiyun?
Menasehati, membantah dan meluruskan itu adalah hal yang baik dan lumrah, namun harus diniatkan mengharap ridho Allah, dan disertai dg adab yang tinggi, agar hal itu menjadi ringan untuk diterima di hati orang yg kita nasehati.

Bercinta-kasihlah kalian, wahai umat Islam!!!!!!!!!

https://www.facebook.com/100004358714062/posts/1848788915276381/?app=fbl

Tidak ada komentar: