BILA HILANG AGAMA, DENGAN APA ANDA BAHAGIA?!

✍🏼 Berkata Al-Allamah Abdurrahman As-Si'diy - رَحِمَهُ اللّٰهُ تَعَالَىٰ - :

»| Setiap pendidikan yang tidak dibangun di atas agama maka ia akan gugur dan runtuh, dan setiap usaha yang tidak dapat merubah akhlak maka ia adalah kebodohan dan kerugian.

Dan apabila agama telah hilang; maka dengan apa engkau akan berbahagia? Dan apabila sudah tidak ada akhlak mulia; maka dengan modal apa engkau akan mendapatkan keuntungan? Dan jika sudah tidak ada adab (sopan santun); kapan engkau akan beruntung dan selamat?!

(وَیۡلࣱ لِّكُلِّ أَفَّاكٍ أَثِیمࣲ ۝ یَسۡمَعُ ءَایَـٰتِ ٱللَّهِ تُتۡلَىٰ عَلَیۡهِ ثُمَّ یُصِرُّ مُسۡتَكۡبِرࣰا كَأَن لَّمۡ یَسۡمَعۡهَاۖ فَبَشِّرۡهُ بِعَذَابٍ أَلِیمࣲ) [سورة الجاثية 7 - 8]
"Celakalah bagi setiap orang yang banyak berdusta lagi banyak berdosa, (yaitu) orang yang mendengar ayat-ayat Allah ketika dibacakan kepadanya namun dia tetap menyombongkan diri seakan-akan dia tidak mendengarnya. Maka peringatkanlah dia dengan azab yang pedih." [Qs. Al-Jatsiyah: 7-8] |«

📕 Al-Fawakih As-Syahiyyah (1/209).
---------
إذا ذهب الدين! فبأيّ شيء تفرح ؟!!

✍ قال العلامة عبد الرحمٰن السعدي رحمه الله تعالى :

كل تعليم لا يقوم على الدين فهو ساقط منهار ، وكل سعي لا يصلح الأخلاق فهو سفَهٌ وخسار .

إذا ذهب الدين؛ فبأي شيء تفرح ؟ وإذا خسرت الأخلاق الفاضلة؛ فبأيّ سلعة تربح ؟ وإذا اضمحلّت الآداب؛ فمتى تفلح وتنجح ؟!

﴿ وَيْلٌ لِكُلِّ أَفَّاكٍ أَثِيمٍ يَسْمَعُ آيَاتِ اللَّهِ تُتْلَى عَلَيْهِ ثُمَّ يُصِرُّ مُسْتَكْبِرًا كَأَنْ لَمْ يَسْمَعْهَا فَبَشِّرْهُ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ ﴾.

📚 "الفواكه الشهية" ( ٢٠٩/١ ).

#taushiyah 
t.me/butiranfaedah/3213
🖥 Artikel lainnya: t.me/butiranfaedah

Tidak ada komentar: