-->

Hidup Adalah Pilihan maka pilihlah jalan yang tepat

Hidup Adalah Pilihan maka pilihlah jalan yang tepat

Seorang guru tidak bisa membuat muridnya pintar jika tidak ada keinginan dan kemauan dari murid tersebut untuk belajar.

Seorang motivator tidak bisa memberikan motivasi kepada audiennya jika mereka tidak berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri.

Seorang ustadz tidak bisa membuat jamaahnya menjadi muslim yang baik dan taat beragama jika tidak ada usaha dan perjuangan dari jamaah itu untuk berubah.

Mereka hanya sekedar menyampaikan, memberikan petunjuk dan menerangkan rambu-rambu jalan yang ingin kamu tempuh. Selanjutnya tergantung dari kamu sendiri apakah ingin mengikuti petunjuk tersebut atau tidak.

Begitu juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam. Beliau hanyalah seorang guru, motivator dan pemandu kepada jalan keselamatan dunia dan akhirat, akan tetapi beliau juga tidak bisa membuat umatnya menjadi baik jika tidak ada kemauan dan kesadaran dari diri sendiri.

Allah berfirman,

فَذَكِّرْ إِنَّمَآ أَنتَ مُذَكِّر
”Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya engkau (Muhammad) hanyalah pemberi peringatan.” (QS.Al-Gasyiyah:21)

Semuanya kembali pada pilihan dan keinginan kamu tatkala memilih. Ketika kamu memilih jalan kemaksiatan dan kesesatan, maka kesengsaraan dan kegundahanlah yang akan kamu dapatkan.

Sadar atau tidak bahwa ketika kamu memilih jalan kemaksiatan dan kesesatan tersebut ada sosok motivator di balik semua itu, yaitu setan.

Setan membisikkan segala rayuan dan godaannya agar kamu bisa mengikuti jalannya. Sama halnya seperti yang pertama, bahwasanya setan hanyalah motivator, dia tidak bisa membuat kamu menjadi jahat atau tersesat dalam maksiat kecuali dengan pilihan kamu sendiri.

Pernahkah kamu dimarahi, dibentak atau dihardik setan tatkala kamu enggan mengikuti saran dan ajakannya?
Pernahkah kamu mendapatkan pukulan dari setan ketika kamu menolak perintahnya?
Pernahkah kamu mendengar atau membaca berita di media bahwa ada orang yang mati karena menolak bermaksiat, pembunuhnya adalah setan yang ternyata masih buron?

Jika kamu tidak pernah mendengar hal itu, maka pelakunya tidak lain adalah diri kamu sendiri. Kamu melakukan semua itu dengan pilihanmu sendiri.

Semua motivator yang mengajak kepada kebaikan atau keburukan hanyalah memberikan jalan, petunjuk dan saran. Motivator tidak bisa merubah dirimu kecuali kamu sendiri yang berusaha untuk berubah.

Allah berfirman,

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ
"Allah tidak akan merubah suatu kaum sampai mereka memilih untuk merubah diri mereka sendiri .” (QS.Ar-Ra’d:11)

Maka beruntunglah jika kamu memilih jalan yang tepat, jalan yang telah ditempuh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam, para sahabat dan para ulama, yaitu jalan agama Islam.

Inilah satu-satunya jalan yang akan menyelamatkanmu dari godaan dan ajakan setan dan bala tentaranya. Dengan mempelajari agama dengan benar kamu bisa membentengi dirimu dari maksiat, tipu daya setan dan dari panasnya siksa api neraka.

Semoga kita bisa memilih jalan yang tepat agar selamat dunia dan akhirat.
_______________
Ali Mustafa, SH, MH
Baca Juga
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: