BOM BUNUH DIRI BUKANLAH JIHAD, MELAINKAN BUNUH DIRI

✍๐Ÿป Al-Allamah Shalih Al-Fauzan hafizhahullah berkata,

ุชู†ุธูŠู… ุงู„ุฌู‡ุงุฏ ูˆุงู„ุฅุดุฑุงู ุนู„ูŠู‡ ู…ู† ุตู„ุงุญูŠุงุช ุฅู…ุงู… ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†.
● Pengaturan jihad dan pengawasannya adalah wewenang penguasa kaum muslimin.

ุงู„ุฌู‡ุงุฏ ู„ุง ูŠูƒูˆู† ุจู‚ุชู„ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆุงู„ู…ุณุชุฃู…ู†ูŠู†، ูˆุฅู†ู…ุง ู…ุน ุงู„ูƒูุงุฑ ุงู„ู…ุญุงุฑุจูŠู†.
● Jihad bukanlah membunuhi kaum muslimin dan kafir musta’man (yang dijamin keamanannya). Akan tetapi, jihad adalah memerangi orang-orang kafir harbi (yang memerangi kaum muslimin).

ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ู‚ุชู„ ุงู„ูƒุงูุฑ ุงู„ู…ุณุชุฃู…ู† ูˆุงู„ู…ุนุงู‡ุฏ ูˆุงู„ุฐู…ูŠ ุจุญุฌุฉ ุฃู† ุงู„ูƒูุงุฑ ุงู„ุขู† ูŠู‚ุชู„ูˆู† ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†.
● Tidak boleh membunuh orang kafir musta’man (orang kafir yang diberi jaminan keamanan), kafir mu’ahad (orang kafir yang ada perjanjian damai dengan negeri muslimin), dan kafir dzimmi (orang kafir yang tunduk dengan penguasa negeri muslimin), dengan dalih bahwa orang kafir sekarang membunuhi kaum muslimin.

ุงู„ุงู†ุชุญุงุฑ ู„ูŠุณ ุงุณุชุดู‡ุงุฏุง، ู„ุฃู† ุงู„ู…ู†ุชุญุฑ ูŠุชุนู…ุฏ ู‚ุชู„ ู†ูุณู‡، ูˆู…ู† ู‚ุชู„ ู†ูุณู‡ ูู‡ูˆ ู…ุชูˆุนุฏ ุจุงู„ู†ุงุฑ.
● Bom bunuh diri bukanlah amalan mencari syahid. Sebab, bom bunuh diri itu menyengaja membunuh dirinya. Barang siapa membunuh dirinya, dia diancam dengan api neraka.

๐Ÿ“š Al-Aan Hash-hashal Haq hlm. 74-75

Tidak ada komentar: