Adab yang harus diperhatikan ketika beri'tikaf di masjid

Ketika I'tikaf pada masa Nabi صلى الله عليه وسلم, Beliau melarang para sahabat mengeraskan bacaan Alquran mereka karena dapat menganggu jamaah i'tikaf yang lain. 

Bahkan, bagi yang shalat sekali pun dilarang oleh Nabi صلى الله عليه وسلم mengeraskan bacaan Alquran. I'tikaf adalah proses berdiam diri di dalam mesjid diiringi niat untuk beribadah kepada Allah تعالى. 

Pilihan ibadah orang yang beri'tikaf bisa berbeda-beda. Ada yang berdoa, ada yang bertadarus membaca Alquran, ada yang shalat, ada yang berzikir, dan ada juga yang tidur / istrahat sebentar.

Apapun pilihan ibadah, jangan sampai satu sama lain saling mengganggu. 

Bagi yang tadarus jangan menganggu yang shalat, bagi yang shalat jangan mengganggu yang tadarus, dst. Makanya Nabi صلى الله عليه وسلم melarang para sahabat mengeraskan bacaan Alquran, bahkan didalam sholat mereka sekalipun. 

****
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أُمَيَّةَ ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ : اعْتَكَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَسْجِدِ فَسَمِعَهُمْ يَجْهَرُونَ بِالْقِرَاءَةِ، فَكَشَفَ السِّتْرَ وَقَالَ : " أَلَا إِنَّ كُلَّكُمْ مُنَاجٍ رَبَّهُ، فَلَا يُؤْذِيَنَّ بَعْضُكُمْ بَعْضًا، وَلَا يَرْفَعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ فِي الْقِرَاءَةِ ". أَوْ قَالَ : " فِي الصَّلَاةِ ".

Dari Abu Said رضي الله عنه berkata: "Rasulullah صلى الله عليه وسلم beri'tikaf di mesjid, lalu beliau صلى الله عليه وسلم mendengar mereka (sahabat) mengeraskan bacaan Alquran mereka. Kemudian beliau صلى الله عليه وسلم membuka tirai beliau seraya berkata: Mohon diketahui, sesungguhnya kalian semua disini sedang bermunajat dengan Tuhannya. Jadi, janganlah satu sama lain saling mengganggu. Dan jangan juga sebagian kalian mengeraskan bacaan Alqurannya atas sebagian yang lain". Atau beliau صلى الله عليه وسلم bersabda: "Didalam Shalat". [Sunan Abu Daud: 1332, Hadis Shahih]

Tidak ada komentar: