Kerja kantoran di Saudi enak apa enak banget ?

Alhamdulillah kami diberikan rizki bisa merasakan bekerja di dua negara timur tengah yaitu Oman dan Saudi. Apa sih yang dirasakan sebagai seorang muslim kerja di 2 negara muslim tersebut dibandingkan dengan kerja kantoran di Indonesia ?

Disclaimer, ini subjektif penulis saja yang dirasakan selama bekerja di sektor telekomunikasi ya.

1. Pekerjaan dan jam kerja lebih kondusif, berbeda dengan di Indonesia kerja ngaret tanpa jam lembur yang jelas udah biasa, iya apa iya ? 😀

2. Lingkungan yang kondusif, waktunya adzan ya semua berhenti untuk sholat ddulu #alhamdulillah

3. Menjalankan perintah agama tidak perlu canggung. Misalkan amat aneh jika ada perempuan non mahrom yg salaman dengan kami laki2 di Oman apalagi Saudi, berbeda dengan di Indo negara muslim terbesar ini kalo ada temen atau atasan kantor perempuan ngajak salaman terus kitanya menolak kaya masih ada rasa sungkan atau perasaan canggung lain. Padahal jelas salaman dg non mahrom mah di Islam dilarang ya kan ? Hemm..

4. Tidak ada acara aneh2 apalagi yang jelas bukan budaya islam. Misalkan selama 3 tahun lebih ini, tidak pernah ada acara merayakan ulang tahun temen kantor atau bos dll. Beda dengan di Indo yang negara mayoritas muslim, budaya non islam misalkan ulang tahun ini masuk bahkan di kehidupan kantor sekalipun. Kadang mikir, budaya yang sering dilakukan bukan budaya islam kenapa arab yang sering dimusuhin ya?? Mikir.. 

5. Tidak ada budaya bermusik. Ini paling krasa deh, misalkan ketika kami gathering biasanya makan-makan dan lelucon sana sini sudah cukup di Saudi. Beda dengan di Indo yang mayoritas muslim, bumbu musik itu sudah hampir pasti ada, yang mana lagi2 itu bukan budaya islam. Tapi kenapa arab terus yang disalahin ya.. arab udah sampe mars lho, masak iya masih radikal radikol nuduh wahabi kadrun dll.. mikir..

Sekian dulu uneg2 yang bisa dishare. Mungkin terakhir gaji ya, jelas beda :) . Kalau di Saudi mobil itu bukan barang mewah yg tiap hari harus di elus2, boro2 dielus yang ada semewah apa mobil ditaruh aja di pinggir jalan.. Temen kantor bawa mobil apa juga kita mah biasa aja orang mobilnya bagus2 semua. Jadi silahkan simpulkan sendiri kerja di saudi enak apa enak banget ya? #alhamdulillah

Intinya kalau antum sebagai karyawan kantoran di Indonesia dan masih merasakan, kok aku berbudaya islam malah terlihat aneh ya ditengah2 muslim mayoritas?? Jangan bersedih hati, masih ada negara muslim lain yang sesuai budaya islam kok.. tetaplah untuk tidak isbal meski di kantor, tidak bersalaman dg non mahrom, tidak ikut2an kegiatan gathering dg bumbu musik2nya dan lain lain.. Memang indonesia dengan segala kekurangan dan kelebihannya ya saat ini masih begitu, kalau tidak kita mulai sekarang kasian anak cucu kita nanti masih merasa asing kalo ga ngrayain ulang tahun :) , sambil tentu selalu kita doakan kebaikan untuk bangsa ini..

Semoga bermanfaat, barokallahufiikum.
Foto hanya pemanis saat penulis masih bekerja di ibukota Riyadh, KSA.

Tidak ada komentar: