SEGERA DIBANGUN, MASJID BESAR RAJA SALMAN DI ISLAMABAD

Serial Kebaikan Saudi:
----------------------------------

Berita gembira di bulan Ramadhan tahun 1442H, bahwa Arab Saudi akan mulai membangun sebuah masjid yang dinamai King Salman Bin Abdul Aziz Mosque (Masjid Raja Salman bin Abdul Aziz) di kampus baru Universitas Islam Internasional (IIU) di ibu kota Pakistan, Islamabad, "segera," kata rektor kampus tersebut.

"Penjaga Dua Masjid Suci telah memutuskan untuk meletakkan dasar Masjid Raja Salman bin Abdul Aziz pada tahun ini, dengan kapasitas 12.000 jamaah di kampus baru Universitas Islam Internasional," kata Dr. Masoom Yasinzai.

Selain masjid, juga akan dibangun Perpustakaan, Museum serta Auditorium yang akan diberi nama Crown Prince Muhammad bin Salman (Putra Mahkota Bin Salman), sehingga nantinya ini tidak hanya akan menjadi masjid tetapi akan memiliki kompleks yang sangat besar dengan pusat penelitian dan budaya bagi para cendekiawan dan siswa,” lanjutnya.

Yasinzai mengatakan bahwa proyek tersebut adalah "bukti lain" dari hubungan yang kuat antara Arab Saudi dan Pakistan.

"Pusat penelitian akan fokus pada pembelajaran bahasa Arab, budaya, peradaban dan warisan Islam. Pusat itu akan dilengkapi dengan teknologi digital untuk menyediakan kursus bahasa Arab online dari Islamabad ke seluruh dunia, ”kata rektor IIU itu.

Dia juga mengatakan bahwa peneliti dari negara Muslim lain juga akan memberikan kontribusi intelektual ke pusat tersebut.

"Awalnya, pembangunan masjid itu menelan biaya 500 juta SAR ($ 3,3 juta), ”kata Yasinzai. "Tapi sekarang pusat penelitian dan budaya juga telah dimasukkan dalam proyek, yang akan ditingkatkan biayanya."

Dia menambahkan bahwa model masjid yang diusulkan adalah representasi seni dan arsitektur Islam yang luar biasa.

Selain itu, Arab Saudi akan mengirimkan 15 profesor dari beberapa universitas ternama di Kerajaan untuk mengajar bahasa Arab, hukum Syariah dan mata pelajaran Islam lainnya. "Mereka akan datang ke Islamabad atas deputasi dan akan dibiayai oleh pemerintah Saudi," katanya. 

Kabar baik lainnya bahwa Pihak berwenang Saudi juga telah mengumumkan 250 beasiswa yang didanai penuh untuk siswa yang membutuhkan di Pakistan."

"Ini akan menjadi monumen persahabatan Saudi-Pakistan dan mengarah pada kemajuan yang lebih baik dalam hubungan bilateral kedua negara,” katanya. 

Semoga Allah memudahkan niat mulia Raja Salman dan Putra Mahkotanya. Barokallohu fiihim jami'an. Teruslah menebar hadiah pada siapapun, golongan apapun dan agamana manapun, sebab hadiah kelak akan bisa menyemai cinta. Atas izin Allah tentunya. InsyaAllah... 

Source: Arab News

Fauzy (Aboe Fatih Al Anshari)
 Muhammad Fauzy Ilham ( Madinah)

Tidak ada komentar: