-->

Mengapa kain kiswah Ka'bah dinaikkan setiap tahun ?

Setiap tahun kain Kiswah (kain penutup) Ka’bah dinaikkan dan kain putih yang melambangkan iIhram dililitkan di Ka’bah.

Mengapa Kiswah dinaikkan setiap tahun?
Kiswah dinaikkan hingga 3 meter setiap tahun untuk mencegah kerusakan pada kain, karena kerumunan besar yang berkumpul selama musim haji dan menjadi sulit untuk mengatur kerumunan selama jam sibuk.

Hal ini juga menghindari beberapa kepercayaan takhayul dari peziarah tertentu yang membawa gunting dan memotong bagian dari Kiswah mengharapkan manfaat spiritual (tabaruk).

Seperti juga beberapa orang menulis nama atau permohonan mereka di Kiswah.

Mengapa kain putih dililitkan di Ka’bah?
Sebuah kain putih diletakkan di sekitar Ka’bah untuk melambangkan awal musim haji. Dahulu Kiswah ditinggikan sedemikian rupa sehingga bagian bawah kain yang berwarna putih terungkap.

Namun dalam beberapa tahun terakhir kain putih yang terpisah disiapkan.

Mengapa Kiswah tidak dinaikkan tahun ini pada tanggal 15 Dzulqadah?
Secara rutin Kiswah dinaikkan setiap tahun, sehari sebelum atau beberapa hari setelah tanggal 15 Dzulqadah. Karena setelah tanggal tersebut, kedatangan gelombang besar haji mulai memadati Mathaf sepanjang hari.

Keadaan ini akan mempersulit pekerjaan menaikkan Kiswah jika dilakukan di di saat jemaah haji telah tiba di Makkah.

Namun tahun ini karena pembatasan jumlah haji hanya 60.000, akan ada lebih sedikit kerumunan di Mathaf (tempat tawaf) sehingga memudahkan pekerjaan menaikkan Kiswah.

Menurut rencana, Kiswah akan dinaikkan di Ka’bah, pada tanggal 17 Dzulqadah 1442 atau 27 Juni 2021. [haramainsharifain/saudinesia.com]
Baca Juga
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: