-->

6 Negara di Asia Tenggara Pernah Islam, Namun Bagaimana Kini?

Islam masuk dan berkembang di Asia Tenggara melalui berbagai macam saluran dalam penyebarannya. Contohnya seperti melalui saluran perdagangan, saluran perkawinan, saluran pendidikan, saluran kesenian, dan saluran politik. Dan karena lslam adalah agama yang diilhami dalam Alquran, sehingga mudah diterima oleh masyarakat setempat.

Meski demikian, pesatnya perkembangan Islam di Asia Tenggara bukan jaminan negara itu menjadi negara Islam. Buktinya, ada lima negara yang saat ini tidak didominasi Islam, dulu pernah dikuasai kerajaan Islam.

Seperti disebutkan dalam sebuah video ceramah Dr. Sihabudin yang mengatakan bahwa sejarah pernah menceritakan bahwa ada enam negara yang dahulunya adalah Islam, yaitu:

1. Filipina
Filipina dahulu adalah negeri Islam besar bernama Mindanao, tapi karena pusat kerajaannya banyak dikuasai orang-orang Kristen, maka Islam menjadi tenggelam begitu saja.

2. Thailand
Dahulu daerah-daerah selatan di Thailand memiliki Islam yang kuat. Di antaranya Yala, Pattani, Songkhla, dan Naratiwan yang dahulu merupakan daerah Islam yang kuat. Tapi, karena dipimpin oleh orang non-Muslim maka yang terjadi adalah kehancuran.

3. Kamboja
Di Kamboja, empat abad yang lalu dalam sejarah ada sebuah kerajaan Islam besar bernama Champa. Tetapi ketika orang Islamnya berleha-leha, Champa terjepit di tengah antara Kamboja dengan Vietnam. Karena itu, yang terjadi kerajaan Islam itu ikut tenggelam begitu saja.

4. Myanmar
Sejarah mengatakan bahwa Islam di Myamar sangat baik perkembangannya. Ada dua daerah Islam yang besar di sana, yaitu Rakhine dan Rohingya. Namun yang terjadi dengan Islam di sana sekarang sangat memprihatinkan.

5. Singapura
Ada negeri Islam dulu di sana bernama Tumasik. Namun, ketika orang Inggris membawa pekerja dari China dan India, keberadaan Islam pun hilang begitu saja.

6. Vietnam
Islam di Vietnam merupakan agama utama untuk masyarakat Cham, yaitu kelompok etnis minoritas yang berkaitan dengan Melayu. Kira-kira sepertiga dari umat Islam di Vietnam berasal dari kelompok etnis lain. Ada juga masyarakat yang menggambarkan diri mereka sendiri dari campuran etnis (Cham, Khmer, Melayu, Minang, Vietnam, China, dan Arab). Penduduk Islam di sana juga dikenal sebagai Cham, atau Muslim Cham, yang berlokasi di sekitar wilayah Châu Đốc di barat Daya.

Saat ini, Asia Tenggara hanya memiliki tiga negara saja yang merupakan negara Islam, yaitu: Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Seandainya kita sebagai muslim yang ada di tiga negara ini tidak berhati-hati, bisa jadi sejarah lama akan berulang kembali seperti enam negara yang disebutkan.

Karena itu, mari bersama saling menjaga Islam di negara kita dengan tidak bosan menyebarkan dakwah Islam kepada siapapun, sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

ٱدْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلْحِكْمَةِ وَٱلْمَوْعِظَةِ ٱلْحَسَنَةِ ۖ وَجَٰدِلْهُم بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentan g siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” ( Q.S An-Nahl: 125 )
Baca Juga
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: