-->

Mie Instan dan MSG berbahayakah ?

Harus sesuai saran ya

Kami tidak anti total sama mie, makan juga, apalagi buat malam2 begadang, mie goreng, pake telur dan susu mmm... musim hujan masak mie rebus hangat mmm...
.
-Mie instan berbahaya kalau TERLALU SERING, jika seminggu 2x insyaAllah tidak berbahaya, dan aturan penyajiannya dgn telur, sayur dll, bukan "mie dan nasi ya"
.
-Mengenai pengawet dll, itu sudah diatur dosisnya, insyaAllah aman, permen saja ada pengawetnya, klo disearcing bahaya pengawet pd permen maka "bahaya banget" ya itu kalo dosisnya berlebihan, apa2 klo berlebihan bisa bahaya..
.
# MSG Berbahaya? Masa’ Sih..
.
Ketika kerja di puskesmas dulu, ada penyuluhan resmi dari DEPKES yang menyatakan bahwa anggapan MSG berbahaya salah total sehingga orang harus antipati MSG
menurut penyuluhan itu MSG tidak berbahaya dengan alasan (yang masih saya ingat)
.
1. Selain cita rasa manis, asin dll ada lagi cita rasa “umami” yaitu cita rasa gurih di lidah kita, inilah rasa dari MSG dan ini normal, bukan seperti anggapan rasa vetsin/MSG yang indentik dengan bahaya
.
2. Beberapa makanan juga ada kandungan monosodium glutamatnya
.
3. Berangapan bahwa makanan ringan yang ada MSG berbahaya, itu bukan karena MSGnya tetapi karena pengolahannya (fastfood) dan anak-anak kalau sering makan jajanan jadi tidak mau makan nasi dan sayur bergizi
.
4. Sampai sekrang belum ada jurnal ilmiah yang mengatakan MSG bisa menyebabkan kanker dan berbahaya, hanya asumsi-asumsi saja
.
Nah, saya mengambil pendapat pertengahan , tetap tidak berlebihan MSG dan tidak antitotal dengan penggunaan MSG (karena memang kenyataann yang tidak dipungkiri MSG bikin enak masakan hehe)
.
Note:
Istri saya termasuk yang “agak” antitotal MSG, katanya cukup garam, gula dan bawang udah enak kok
.
Dan perbedaan pendapat saya dan istri tidak mengurangi keharmonisan sama sekali, karena ajaran Islam adalah menghormati perbedaan pendapat para ulama mut’tabar/teranggap ilmunya
tapi masakan istri pasti tetap enak (ada bumbu tambahan curahan kasih sayang dan penantian ketika memasaknya (lha kok sampe sini pembahasannya ^^)
.
Silahkan yang punya ilmu, kita berbagi mengenai hal ini
.
Demikian semoga bermanfaat

@Perpus FK UGM, Yogyakarta Tercinta

Penyusun: dr. Raehanul Bahraen, M.Sc, Sp.PK

Artikel www.muslimafiyah.com

https://muslimafiyah.com/msg-berbahaya-masa-sih.html

__
Follow akun (klik):
Telegram: bit.ly/muslimafiyah
Baca Juga
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: