CAPEKNYA PERJUANGAN PENDUDUK SURGA DALAM MERAIH SURGA


"IBnul Jauzi Rahimahullah berkata: "wahai jiwa berletih letihlah sedikit (dalam beramal sholih) maka engkau pun akan banyak beristirahat di surga Firdaus." (Al-Mawaizh 1/79).

meraih surga, bukan hal yang mudah, yang cukup di raih dengan berangan angan dan bermalas malasan. penduduk surga adalah orang orang yang di uji dengan berbagai perjuangan dan pengorbanan, yang mencapekkan jiwa, raga dan pikiran, lalu mereka lulus ujian. penduduk surga adalah pejuang tangguh, orang orang rela berkorban tanpa pamrih. kecuali dengan cinta kepada Rabb mereka.

أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوٓا أَن يَقُولُوٓاءَامَنَّاوَهُمْ لَايُفْتَنُونَ وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ الَّلهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الكّٰذِبِينَ
"apakah manusia mengira bahwa mereka akan di biarkan hanya dengan mengatakan, "kami telah beriman".dan mereka tidak di uji? sungguh! kami telah menguji orang orang sebelum mereka,maka Allah pasti mengetahui orang orang yang benar dan orang orang yang dusta. (QS.Al-Ankabut:2-3)

oleh karna itu,dalam ayat yang lain, Allah menceritakan apa sebabnya mereka bisa masuk surga. yaitu karna kesabaran mereka menahan capek demi memperjuangkan surga.

أُولٰٓىِٔكَ يُجْزَونَ الْغُرْفَةَبِمَاصَبَرُوا وَيُلَقَّونَ فِيهَا تَحَّيةُ وَسَلّٰمًا
"Mereka itu akan di beri balasan dengan tempat yang tinggi( dalam surga) atas kesabaran mereka, dan di sana mereka akan di sambut dengan penghormatan dan salam." (QS.Al-Furqan:75).

وَجَزَ لَهُمْ بِمَا صَبَرُوا جَنَّةُ وَحَرِيرْا.
مُّتَّكِينَ فِيهَاعَلَى الاَرَٓ اىِٔكِ لَايَرَونَ فِيهَا شَمْسُا وَلَازَمْهَرِيَرُا
Dan dia memberi balasan kepada mereka karna kesabarannya ( Berupa) surga dan (pakaian) sutra." Di sana mereka duduk bersandar di atas dipan, di sana mereka tidak melihat (merasakan teriknya) matahari dan tidak pula dingin yang berlebihan. (QS.Al-Insan:12-13).

Barakallahu fiikum..

Tidak ada komentar: