-->

8 istilah makanan yang mengandung daging babi, muslim wajib tahu

Umat muslim diharamkan untuk mengonsumsi daging babi. Supaya tak salah, ada beberapa istilah olahan daging babi yang harus dipahami. Seperti ham hingga samcan.

Aturan mengonsumsi daging babi dalam Islam adalah haram hukumnya. Oleh karenanya, muslim hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan halal seperti ayam, daging sapi, daging kambing, dan lainnya yang telah sesuai syariat Islam.

Beberapa istilah olahan daging babi juga perlu diketahui oleh seorang muslim agar bisa lebih waspada dan tak salah saat mengonsumsi. Karena ada beberapa makanan mengandung babi yang menggunakan istilah asing.

Supaya tak salah, ada baiknya kamu mengetahui beberapa istilah makanan yang terbuat dari daging babi. Mulai dari ham hingga samcan.

Berikut 8 istilah makanan yang mengandung daging babi.

1. Lapchiong
Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard. 

Lapchiong atau lapcheong adalah sosis yang terbuat dari daging babi. Dibuat dari daging dan lemak babi, lalu dikeringkan. Sosis ini memiliki tekstur lebih keras dan berserat kasar dari pada sosis daging sapi atau ayam.

Lapchiong memiliki cita rasa manis dengan aroma bumbu yang khas. Biasanya lapchiong disajikan dalam nasi goreng, nasi campur, bihun goreng dan mie goreng. Saat dimasak, lapchiong akan dipotong-potong terlebih dahulu. Sosis berbahan daging babi ini juga lebih berminyak daripada sosis daging sapi.

2. Samcan
Samcan adalah daging babi yang terdiri dari lapisan daging dan lemak. Olahan daging babi ini juga dikenal dengan istilah pork belly karena berasal dari bagian lemak perut babi. Samcan ini sering dianggap sebagai bagian babi yang paling enak.

Samcan memiliki cita rasa yang sangat gurih. Rasa gurih itu berasal dari lemak yang berlapis-lapis dengan daging. Samcan biasanya diolah dengan cara digoreng kering dan garing. Atau dibuat babi panggang renyah atau babi kecap.

3. Ham
Ham adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk menyebut bagian paha hewan secara umum. Namun, istilah ini lebih sering digunakan untuk menyebut paha babi. Bentuknya sekilas mirip dengan olahan daging ayam.

Ham babi ini seluruhnya berupa daging yang padat dan memiliki tekstur yang lembut. Umumnya ham diproses dengan cara diasapi dan diasinkan agar lebih awet. Biasanya dipotong dadu atau diiris tipis untuk isian sandwich atau campuran masakan lainnya.

4. Bacon
Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. 

Istilah bacon sering dipakai untuk istilah daging babi yang diasap. Berupa daging punggung, bagian perut babi dan berupa irisan tipis dengan lapisan daging dan lemak. Biasanya dipanggang hingga lemak meleleh dan kering. Bacon kerap dijadikan isian sandwich, burger atau topping telur goreng.

Belakangan banyak produsen membuat bacon dari daging sapi. Dikenal dengan nama 'beef bacon', bentuk dan irisannya mirip dengan bacon babi hanya saja dagingnya lebih merah.

5. Sekba
Sekba atau disebut juga bektim adalah hidangan yang terbuat dari jeroan babi khas China Selatan. Jeroan tersebut kemudian direbus dalam kuah sup yang dibumbui kecap, rempah dan bawang.

Mulai dari hati, babat, usus, paru-paru dan ada juga yang menambahkan telinga dan lidah babi. Hidangan ini mirip dengan semur. Berkuah kecokelatan dengan aroma bunga lawang yang harum. Rasanya manis, gurih dan asin.

6. Bakut
Bakut adalah sebutan untuk iga babi. Bagian iga pada babi ini umumnya diolah menjadi sup. Dikenal dengan nama bakut teh. Sajian ini populer di Singapura. Seperti sup, kuahnya sedikit keruh dengan potongan iga babi yang empuk gurih.
Di Indonesia, baku biasa dimasak kuah dengan sayur asin. Yang dipakai daging iga babi potongan pendek (short ribs) dan yang panjang. Rasanya jadi asam gurih dan segar karena tambahan sayur asin.

7. Char siu
Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. 

Char siu merupakan istilah untuk menyebut daging babi panggang dengan bumbu merah khas Canton. Hidangan ini dikenal juga dengan sebutan barbeque manis. Biasanya dipanggang kering dalam bentuk potongan.

Dijual sebagai potongan utuh atau dipotong tipis menjadi lauk wajib nasi campur. Dikenal sebagai BBQ pork dengan rasa gurih sedikit manis dengan balutan rempah yang harum.

8. Lard
Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi.

Berbeda dengan lard, lard merupakan istilah untuk menyebut lemak babi. Kualitas terbaik dari lard ini biasanya diperoleh dari bagian ginjal, sementara kualitas terendah dari bagian usus.

Lard biasanya digunakan sebagai minyak atau campuran dalam masakan. Umumnya digunakan untuk pastry-pastry untuk meningkatkan tekstur renyah. food.detik.com
Baca Juga
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: