Perempuan Kaum Padri telah menggunakan cadar tutup Muka (1831 m)


Saya sangat heran melihat dirumah dihadapan kami dua orang perempuan atau anak gadis padri tanpa cadar, biasanya perempuan padri selalu menutup wajah mereka.. 

(kenang-kenangan di Sumatera Barat letnan 1 infantri j. C. Boelhouwer. Hal 104.

Sulit dimengerti kaum padri meniru pakaian orang Arab di padang Pasir. (Plakat Panjang hal. 388.

Inilah dua tulisan sejarawan, mengenai wanita minang setelah masuknya pengajaran agama Islam yg diajarkan Para Tuanku di Ranah Minang. Kita tidak sedang membicarakan hukum cadar, tapi Cadar dalam tinjauan sejarah Islam di Indonesia khususnya di Minang Kabau .

Setelah +- 200 tahun berlalu.. Ternyata telah ada wanita minang menggunakan cadar.. 

Setelah kaum padri kalah 1850 belanda memprolokasi masyarakat untuk memburukkan pembaharuan keagaman. Yang telah berjalan. Sebagian yg betul-betul di didik oleh Penjajah Belanda, menanamkan Kebencian Pada Islam, yg dikenal Islam Poby, Dia orang Islam tapi benci dan sentimen pada ajaran Islam. 

Apa bila ada orang Islam ikut latah mengatakan orang Islam intoleran, anti kebinekaan, anti NKRI.. Suka mengkafirkan, Belajar lagilah ajaran Islam. Sejaran Islam. 

Takutnya jadi Kafir tanpa sadar... 
Silek pulang ka pandeka, kitab pulang ka Rang Malin.. Ketika Van Moc Memecah belah Indonesia sehingga jadi negara-negara Kecil seperti negara sumatra, negara Sunda, di satukan oleh Mr. M. Natsir. .mantan perdana menteri. Pendiri Dewan Dakwah Islam Indonesia. Yang dikenal Mosi IIntegral M. Natsir. Kembali kenegara kesatuan. 

Jadi... Sejarah umat Islam, tokoh-tokoh Islam selalu membawa kebaikan, perdamaian, saling mengerti, memahami... Nilai kebangsaan, persatuan, ,,,Ketika cadar kembali membudaya, jangan sesak dada tuan-tuan, itu bagian keyakinan yg perlu di hormati, yg ada akar sejarahnya di Negri ini.. 

Payakumbuh 
22 Rajab 1443 h
https://www.facebook.com/100014638455920/posts/1291371131360823/

Tidak ada komentar: