Pemenang Unofficial Halal Logo Indonesia dan komentar positif netizen, semoga di terima kemenag

Bismillahirrahmanirrahim

PEMENANG UNOFFICIAL HALAL LOGO CHALLANGE !!!

Alhamdulillah, pemenang unofficial halal logo challange sudah ditentukan. Selamat utk mas Icuk Riyanto / dgn akun facebook Hati Yang Terdalam atau akun IG https://www.instagram.com/icuk_irdiyadesign/
Langsung aja poin2 alasan kenapa logo ini pantas menjadi juara unofficial halal logo challange karena : 

Logo Halal MUI yg lama sudah dipakai puluhan tahun lamanya...artinya selama itu proses "branding" logo halal MUI terus berjalan. Orang di saat di swalayan, liat produk begitu ada buletan hijau kecil dgn tulisan arab, langsung merasa aman karena kehalalannya sudah terjamin MUI. 

Orang saat lewat resto, liat di etalasenya ada buletan ijo langsung merasa aman.. Sehingga utk redesign logo yg sudah melekat begitu kuatnya di benak masyarakat, kita sebaiknya jangan membuat design yg benar2 berbeda secara signifikan. Karena itu akan membuat bingung meskipun udah sosialisasi di media dll tapi banyak pelosok2 yg blm terjangkau media. 
Dan kalopun di logo tsb ada tulisan halal indonesia, akan masih berasa aneh bagi yg sudah terbiasa melihat bulatan hijau dgn huruf arab. Redesign logo oleh brand2 besar pun banyak yg tidak meninggalkan ciri khasnya sehingga tetap masih ada benang merahnya utk dikenali. Seperti yg bisa di lihat di versi badge, logo ini tidak meninggalkan kekhasan logo halal MUI sehingga dlm jarak jauh, cepat langsung bisa dikenali dan sesuai fungsi.
Tetapi, hal itu saja tdk cukup. Butuh sentuhan konsep yg simple, tapi powerfull. Dan itu ada di dalam logo ini. Logo ini menggunakan teknik negative space - ruang kosong yg membentuk tulisan حلال dengan sentuhan manis kepala garuda yg mana bener2 merepresentasikan negara kita, tidak condong ke satu daerah saja dan tereksekusi dgn sangat cantik dan proporsional. Menghadap ke kanan dengan sayapnya yg melebar sampai atas yg cukup digambarkan dgn gradasi warna. Smart!
Kalo sekilas pertama mungkin kepala garuda gak langsung terlihat tapi kalo diperhatikan kepala itu jadi nampak, sehingga seakan2 ada hidden message yg terkandung di logo ini tapi tanpa harus perlu diceritakan. Logo ini sudah bercerita sendiri secara visual dengan gamblang. Ada bbrp kontestan lain yg mempunyai konsep yg serupa tetapi tidak ada yg bisa menandingi logo ini dalam hal eksekusinya. 

Pertimbangan lain, seperti yg temen2 tau, logo ini jumlah likes terbanyak dng 540an likes di hari penentuan kemaren, dan juga di IG dgn hashtag #halallogochallenge logo ini juga yg mendapatkan likes dan komen terbanyak dgn total 620 likes.. padahal kalo dilihat akun mas icuk, followernya masih ratusan. Jadi hal ini memutuskan mitos bahwa follower banyak pasti gampang menang.. blm tentu juga kan? :)

Sy ucapkan banyak terima kasih buat semua teman2 yg sudah berpartisipasi, insyaAllah ga ada yg sia2 dan partisipasi teman2 tercatat menjadi kebaikan insyaAllah.. sy tau pasti ada yg merasa kecewa, tapi ya itulah sayembara, ada yg menang dan ada yg kalah. Kita tdk bisa menyenangkan semua pihak :)

Terimakasih juga sy ucapkan kpd para donatur2 yg percaya menitipkan ke saya hingga terkumpul 6,5jt. Semoga dibalas dengan segala kebaikan dan keberkahan ya teman2 🙏 🙏 🙏 

Oke terakhir, Sy ucapkan mohon maaf kepada pihak2 yg merasa terganggu oleh unofficial halal logo challenge ini... mungkin jadi membuat gaduh di sosmed, dan wall2 dipenuhi logo ijo2 semua.. :D Ga ada niatan sama sekali utk membuat perlawanan.. Siapa saya, ga ada koneksi ke pihak2 yg berwenang dan dari sejak awal emang ga ada niatan utk menandingi dgn berharap logonya diganti,, 
kalo sy anak presiden mungkin bisa jadi ya wkwk,,, Seperti yg sy bilang di awal, tujuan diadakan challenge ini ya sesuai namanya, yaitu tantangan buat temen2 yg merasa bisa menuangkan jiwa kreatif nya utk membuat logo halal, ayuk kita gass. 

Supaya bisa mengedukasi bahwa kritikan pun bisa disampaikan lebih elegant dengan cara membuat karya... masalah nanti karyanya mau di apakan, ya kita jadikan kenangan dan bukti ternyata org2 indonesia kalo dikumpulkan, diberi wadah dan diberi reward, ternyata hebat2!

Tidak ada komentar: