Ustadz Umar Bakri Lc, Putra Timor Leste penerus dakwah salaf di daerah minoritas muslim

PUTRA TIMOR LESTE

Namanya Ustadz Umar Bakri Lc, sewaktu masih remaja, beliau salah satu anak Timor Leste yang dibawa oleh TNI, ke Sulawesi Selatan untuk dimasukkan ke sebuah pondok pesantren. Sebagian teman lainnya dimasukkan di pesantren di tanah Jawa.

Waktu ada pendaftaran ke Universitas Islam Madinah, beliau masuk tanpa test dan tanpa syarat, karena beliau berasal dari daerah minoritas islam.

Sekitar 20 orang calon Mahasiswa berangkatlah dari Jakarta menuju Madinah. Di dalam pesawat, ternyata beliau satu pesawat dengan ustadz Firanda. 

Ustadz Umar, paling terlambat menyelesaikan S1 nya, dikarenakan beliau betul-betul berangkat tidak tahu sama sekali bahasa Arab, modal nol koma nol, bahkan bahasa Indonesia pun, belum dikuasai semuanya, maklum anak Timor Leste dan mualaf lagi.

Alhamdulillah, beliau belajar kitab Durusu Lughoh dengan penulisnya langsung. Beliau duduk di majlisnya Syekh Abdul Muhsin, Syekh Abdul Rozzak dan yang lainnya.

Beliau sama-sama merintis Mahad Abu Bakar Ash Shiddiq Bone Sulsel dengan saya dan Ustadz Nasrullah Abdullah Said Lc. Dari mulai santri yang kurang dari 10 orang, sampai sekarang jumlahnya sekitar 300 orang santri. 

Insya Allah hari Jumat ini beliau mengisi daurah di Soppeng Sulsel. Bagi ikhwah Soppeng, Bone, Sidrap, Wajo dan sekitarnya, silahkan merapat menghadiri majlisnya. 

AFM

Tidak ada komentar: