Mengenal Ustadz Musyaffa Ad Dariny Doktor Ushul Fiqh UIM pertama dari Indonesia dan asia tenggara predikat summa cum laude

Diantara Ustadz yang penjelasannya mudah dipahami adalah Ustadz Dr Musyafa Ad Dariny

Beliau doktor ushul fiqh Universitas Islam Madinah pertama dari Indonesia bahkan Asia tenggara (predikat summa cum laude)

https://www.moslemtoday.com/alhamdulillah-ustadz-musyaffa-ad-dariny-ma-berhasil-raih-gelar-doktor-di-universitas-islam-madinah/

Disertasinya berjudul “Metodologi Ulama Syafi’iyah Dalam Mengklasifikan Dalil, Dan Cara Mentarjih Dalil-Dalil Yang Bertentangan” -studi teori dan penerapannya- 

beliau menerangkan bahwa diantara yang melatar belakangi penulisan disertasinya ini adalah karena banyaknya pengikut madzhab syafii yang kurang paham dengan madzhabnya sendiri, terutama dalam masalah ushul fikih syafi’i.

Selain itu juga ingin lebih mendekat kepada ilmu imam syafi’i sebagai imam madzhab tertinggi dan madzhab syafii ia pilih karena madzhab syafii sendiri termasuk madzhab yang tersebar luas di negri kita Indonesia.

isi disertasinya ini secara garis besar adalah;

1. Mukadimah dan tamhid (pintu masuk ke pembahasan inti).

2. Pembahasan tentang dalil-dalil mu’tabar dalam madzhab syafi’i, dan bagaimana mengurutkannya, baik saat mulai mencari dalil, maupun saat mentarjih dalil-dalil yg terlihat bertentangan.

3. Kaidah-kaidah inti dalam mentartib dan mentarjih dalil-dalil yang terlihat bertentangan, beserta contoh dan penerapannya.

4. Metode ulama-ulama syafi’iyah dalam menyikapi dalil-dalil yang terlihat bertentangan, beserta contoh dan penerapannya.

5. Penutup yang berisi kesimpulan terpenting dari isi desertasi. 

https://ppmimadinah.org/2018/02/bedah-disertasi-dr-musyaffa-ad-dariny-lc-ma-kaji-kaidah-kaidah-dalam-mentarjih-dalil-yang-bertentangan-dalam-madzhab-syafii/

Saya pernah mengikuti kajian beliau di RodjaTV dalam pembahasan Kitab Qawaa’idul Fiqhiyyah (Mukadimah Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fikih Islam) karya Ustadz Ahmad Sabiq Bin Abdul Lathif Abu Yusuf ( Al Furqon Gresik )

Semoga Allah menjaga beliau dan para asatidzah ahlussunnah lainnya dimanapun berada...

https://www.radiorodja.com/46908-hukum-asal-dalam-ibadah-itu-larangan-ushul-fiqih/

Channel beliau
https://youtu.be/W3_lYXL0NhA
=================
Nama: Musyaffa’ (Musyaffa’ Addariny)
Tempat Lahir: Desa Daren (Addariny), kec. Nalumsari, Kab. Jepara.
Tahun Lahir: 1980 (1400 H)

RIWAYAT PENDIDIKAN
SD : Yanbu’ul Qur’an Kudus.
SMP : Yanbu’ul Qur’an Kudus.
SMA : TBS (Tasywiqut Thullab Salafiyyah) Kudus.
Syu’bah (persiapan bahasa Universitas Islam Madinah).
S1 : Kuliah Syariah (Universitas Islam Madinah).
S2 : Qism Ushul Fikih (Universitas Islam Madinah),
S3 : Qism Ushul Fikih (Universitas Islam Madinah) ,
KARYA-KARYA ILMIAH
Tesis: Tahqiq (penelitian) Kitab Attaqrir Wattahbir Libnil Amir, Ushul Fikih Hanafi.

Disertasi: Manhajus Syafiiyyah Fi tartibil Adillah Wathuruqit Tarjih bainaha Indat Ta’arudh – Dirasah ushuliyyah tatbiqiyyah.
(Metode ulama syafiiyah dalam mentartib dalil, dan cara mereka dalam mentarjih dalil yg bertentangan, studi teori dan terapannya).

Aktivitas
Ketua Senat STDI Imam Syafii Jember
• Anggota Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad
• Dosen STDI Imam Syafii Jember

https://stdiis.ac.id/dosen/dr-musyaffa-ma/

Diantara kajian beliau :
https://youtu.be/xnERtgQGcCg

Tidak ada komentar: