Bergaul dengan orang shaleh dapat merubahmu dari 6 perkara

Jika didalam sirkel pertemananmu di sosial media tidak ada yang mengingatkanmu tentang kebaikan akhirat, untuk jaga shalat, belajar ilmu agama, menutup aurat, taubat, meninggalkan dosa, inget mati, halal dan haram. Maka kamu harus segera rubah sirkel pertemanmu,

Sebab baik atau buruknya apa yang kita lihat dan lewat di beranda kita sejatinya adalah merupakan cermin dari bagaimana keadaan orang yg menjadi teman atau orang yg kita ikuti dalam akun kita,

Karena itu pentingnya kita berteman dengan orang2 yang shalih, yang dapat membawa manfaat kebaikan dunia dan akhirat.

Bergaul dengan orang-orang shaleh dapat merubahmu dari 6 perkara menuju 6 perkara lainnya:

1. Dari ragu menjadi yakin
2. Dari riya menjadi ikhlas
3. Dari lalai menjadi ingat kepada Allah
4. Dari cinta dunia menjadi cinta akhirat
5. Dari sombong menjadi tawadhu'
6. Dari niat yang buruk menjadi niat yang baik."

Keberadaan teman bagi seseorang memang sangat mempengaruhi, Banyak orang yang terjerumus ke dalam lubang kemakisatan dan kesesatan karena pengaruh teman bergaul yang jelek. Namun juga tidak sedikit orang yang mendapatkan hidayah dan banyak kebaikan disebabkan bergaul dengan teman-teman yang shaleh.

Oleh karena itu hendaknya kita selektif dalam memilih teman dan memperhatiakan bagaimana akhlak dan agama siapa yang menjadi teman dekat kita, sebab keberadaan teman itu sangat mempengaruhi.

Sebagaimana dalam sebuah hadits Rasululah ﷺ menjelaskan tentang peran dan dampak seorang teman, beliau sabda :

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Semoga Allah ﷻ berikan hidayah kepada kita semua dan anugerahkan teman-teman yang shaleh yang dapat memberikan safaat dan manfaat kebaikan di dunia dan akhirat. Aamiin...!

Tidak ada komentar: