Hukum Perayaan Maulid Nabi menurut Syeikh Sholeh Fauzah


▪قَــالَ الشَّيخ العلّامــة صـالحُ بنُ فَـوزان الـفَوزَان -حَـفظهُ الله-:
▪ Berkata Asy syaikh Al Allamah Sholih bin Fauzan Al Fauzan -semoga Alloh menjaganya-

إن الاحتفال بمولد الرسول -صلى الله عليه وسلم- باطل ومحرم من عدة وجوه:
Sesungguhnya perayaan maulid rosul صلى الله عليه وسلم adalah Bathil dan Haram, dari sejumlah sisi.

أولاً: أنه بدعة في الدين، وكل بدعة ضلالة، ولن يستطيع الذين يرون إقامته أن يقيموا عليه دليلاً من الشرع.
Pertama : bahwasanya itu adalah bidah dholalah, dan semua bidah sesat, san tidak ada yang mampu orang2 yang melakasanakannya untuk menegakkan keatasnya satu dalilpun dari syar'iat.

ثانياً: أنه مشابهة للنصارى في احتفالهم بمولد المسيح -عليه السلام-، وقد نهينا عن التشبه بهم.
Kedua : bahwasanya dia adalah merupakan tasyabuh kepada nahsoro didalam perayaan maulid al masih عليه السلام, dan sungguh kita telah dilarang dari tasyabuh kepada mereka.

ثالثاً: أنه كثيراً ما يقع فيه منكرات ومحرمات أعظمها الشرك بالله من نداء الرسول -صلى الله عليه وسلم- والاستغاثة به، وإنشاد القصائد الشركية في مدحه كقصيدة البردة وأمثالها.
Ketiga : bahwa kebanyakan yang terjadi didalamnya adalah perkara munkar dan haram, yang paling besarnya adalah syirik, berupa menyeru/memanggil rosul صلى الله عليه وسلم dan istighotsah dengannya, dan melatunkan qoshidah syirkiyyah didalam memuji beliau, seperti qoshidah burdah dan semisalnya.

رابعاً: أنه ليس في الإسلام إلا عيدان. عيد الأضحى وعيد الفطر المبارك. فمن أحدث عيداً ثالثاً؛ فقد أحدث في الإسلام ما ليس منه“.
Keempat : bahwasanya didalam agama islam tidak ada 'id(hari raya tahunan) kecuali dua 'id, yakni : Idul Adha dan Idul Fithri al mubaarok. Maka siapa yang membuat 'Id ketiga, maka sungguh dia telah berbuat sesuatu yang baru didalam islam apa yang bukan dari bagiannya.

Rujukan : [http://www.alfawzan.af.org.sa/node/13811
Diterjemahkan dari chanel telegram
http://tlgrm.me/fawaid_almeah

Tidak ada komentar: