Jangan Buat Musuh Pada Hari Kiamat


Islam mengajarkan kepada kita untuk saling menjaga tali persaudaraan (ukhuwah) diantara kaum muslimin, saling mencintai antar sesama, menjaga hak-hak diantara mereka, dan berbagai jenis kebaikan diajarkan oleh agama yang mulia ini.

Islam tidak hanya mengajarkan perkara-perkara urusan akhirat namun perkara dunia yang berkaitan tentang muamalah antar manusia pun diajarkan di agama ini. Maka sangat disayangkan ketika kita dapati seorang muslim yang rela mengambil hak saudaranya hanya untuk memenuhi kebutuhan hawa nafsunya, padahal Nabi ﷺ tidak mengajarkan demikian.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda :

لا تَحاسَدُوا، ولا تَناجَشُوا، ولا تَباغَضُوا، ولا تَدابَرُوا، ولا يَبِعْ بَعْضُكُمْ علَى بَيْعِ بَعْضٍ، وكُونُوا عِبادَ اللهِ إخْوانًا. المُسْلِمُ أخُو المُسْلِمِ، لا يَظْلِمُهُ، ولا يَخْذُلُهُ، وَلَا يَكْذِبُهُ، ولا يَحْقِرُهُ. التَّقْوَى هاهُنا. ويُشِيرُ إلى صَدْرِهِ ثَلاثَ مَرَّاتٍ. بحَسْبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أنْ يَحْقِرَ أخاهُ المُسْلِمَ. كُلُّ المُسْلِمِ علَى المُسْلِمِ حَرامٌ؛ دَمُهُ، ومالُهُ، وعِرْضُهُ.
❝Janganlah kalian saling mendengki, janganlah saling tanajusy (menyakiti dalam jual beli), janganlah saling benci, janganlah saling membelakangi (mendiamkan), dan janganlah menjual di atas jualan saudaranya. Jadilah hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara untuk muslim lainnya.

Karenanya, ia tidak boleh berbuat zalim, menelantarkan, berdusta, dan menghina yang lain. Takwa itu di sini (beliau memberi isyarat ke dadanya tiga kali). Cukuplah seseorang berdosa jika ia menghina saudaranya yang muslim. Setiap muslim atas muslim lainnya itu haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya.’”

(HR. Muslim) [HR. Muslim no. 2564]

Ingatlah, bahwa ketakwaan itu letaknya di hati, namun walaupun letaknya di hati tapi praktiknya di anggota badan. Salah jika ada orang berkata dirinya bertakwa tapi masih senang melakukan maksiat apalagi secara terang-terangan, maka jika kita mengaku dirinya bertakwa kepada Allah maka seharusnya kita berusaha untuk selalu merealisasikan bentuk ketakwaan tersebut,

Allahu ta'ala a'alam bisshowaab. 🌴

Khalid basalamah official

Tidak ada komentar: